PHE usul harga gas ke PLN dinaikkan

Senin, 27 Februari 2012 - 09:44 WIB
PHE usul harga gas ke PLN dinaikkan
PHE usul harga gas ke PLN dinaikkan
A A A
Sindonews.com – Anak usaha PT Pertamina (persero), Pertamina Hulu Energy (PHE) West Madura Offshore, mengusulkan harga jual gas ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang saatini USD2,8 dinaikkan menjadi USD4,5–5 per million british thermal unit (mmbtu).

Pembahasan kesepakatan soal kenaikan harga jual gas tersebut rencananya rampung paling lambat Maret tahun ini. Direktur Utama PHE Salis S Aprilian mengatakan, kenaikan tersebut seiring peningkatan biaya pengembangan lapangan serta naiknya harga minyak mentah dunia. Menurutnya, ketika harga minyak dunia meningkat maka harga gas juga akan mengalami peningkatan signifikan.

”Kami masih lakukan renegosiasi. Kami berharap negosiasi sudah selesai sebelum kontrak berakhir,” ujarnya di Jakarta akhir pekan lalu.

Selain ke PLN, ujar Salis, pihaknya juga telah mengusulkan kenaikan harga jual gas West Madura ke PGN dari sekitar USD3,5-USD4 per mmbtu menjadi USD4,5–5 per mmbtu.

Menurut dia,renegosiasi harga dilakukan karena perjanjian jual beli gas dengan PGN akan berakhir Juni atau Juli tahun ini. Hingga kini, perseroan masih melakukan renegosiasi harga jual gas dengan PGN. Kepala Divisi Bahan Bakar Minyak dan Gas PLN Soeryadi Mardjoeki mengakui,PLN telah menerima usulan kenaikan harga dari PHE untuk gas yang disalurkan dari Blok West Madura Offshore ke pembangkit Gresik dan Blok Offshore North West Java serta pembangkit listrik tenaga gas uap Muara Karang,Jakarta.

Harga beli gas dari kedua lapangan tersebut sekitar USD2,8 per mmbtu. Direktur Eksekutif Refor- Miner Institute Pri Agung Rakhmanto mengatakan, rencana kenaikan tersebut dinilainya sebagai hal yang wajar karena sudah sesuai dengan tingkat keekonomian gas sekarang.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7246 seconds (0.1#10.140)