Telkom ganti 56 ribu kabel jadi serat optik

Selasa, 28 Februari 2012 - 11:11 WIB
Telkom ganti 56 ribu kabel jadi serat optik
Telkom ganti 56 ribu kabel jadi serat optik
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom/TLKM) segera mengganti infrastruktur jaringan dari kabel tembaga menjadi fiber optik pada 2012. Pergantian infrastruktur itu terkait pada 56 ribu sambungan pelanggan yang berada di Kota Bandung.

General Manager Access PT Telkom Indonesia Regional III-Jawa Barat (Jabar) Ekasmara menjelaskan, tahun ini PT Telkom Indonesia melakukan pergantian sekitar 56.000 sambungan kabel tembaga menjadi serat optik. Dia menyebutkan, perbaikan infrastruktur jaringan itu akan di fokuskan terlebih dahulu di Kota Bandung, sedangkan jumlah pelanggan di Jawa Barat mencapai 750 ribu sambungan.

“Penggantian jaringan kabel tembaga menjadi fiber optik akan kami fokuskan di wilayah Bandung. Untuk daerah lainnya seperti Cirebon dilakukan setelah Bandung selesai. Kami menargetkan 50 persen jaringan bisa diganti menjadi fiber optik pada 2014 mendatang,” jelas Ekasmara kepada wartawan di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, kemarin.

Dia menjelaskan, jaringan kabel telepon Telkom di Bandung rata-rata sudah berusia di atas 20 tahun, seperti di kawasan Dago, Rajawali, Geger Kalong. Penggantian jaringan menggunakan fiber optik akan memperbaiki akses jaringan menjadi berkecepatan tinggi menggunakan teknologi multi services access network (MSAN).

Penggunaan jaringan serat optik memungkinkan pelanggan mengakses layanan Telkom melalui satu jaringan, yaitu telepon rumah,internet ber-kecepatan tinggi (Speedy), serta internet protocol tv (GrooviaTv). Dia mengakui, penggantian jaringan tersebut, PT Telkom Indonesia tidak mengeluarkan investasi tambahan. Justru Telkom akan mendapat cash back dari hasil penjualan kabel tembaga.

Kerja sama tersebut, dilakukan Telkom dengan PT INTI sebagai penyedia kabel fiber optik dan pembeli kabel tembaga. “Investasi fiber optik juga cukup murah ketimbang menggunakan kabel tembaga yang harganya cukup mahal,” timpal dia.

Dia mengungkapkan, penggantian jaringan kabel tembaga menjadi fiber optik tidak mudah karena penggantian tersebut perlu koordinasi antara pemilik rumah dengan pihak Telkom.

Sementara itu, General Manager Unit Costumer Service PT Telkom Indonesia Unit III-Jabar Binuri menjelaskan, penggantian kabel tembaga menjadi fiber optik sejalan denganupaya Telkom menyebarkan produk Internet Protocol TV (IPTV) dengan brand produk Groovia Tv. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4947 seconds (0.1#10.140)