Pasuruan pilot project pelayanan pencari kerja

Selasa, 28 Februari 2012 - 16:12 WIB
Pasuruan pilot project pelayanan pencari kerja
Pasuruan pilot project pelayanan pencari kerja
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Pasuruan menjadi pilot project di Jatim tentang pengembangan pelayanan penempatan tenaga kerja publik (public employment service center/PES). Proyek pelayanan terhadap pencari kerja ini merupakan kerja sama Kemenakertrans dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan, Yoyok Heri Sucipto, program ini merupakan bentuk pelayanan maksimal terhadap pencari kerja. Pelayanan ini di antaranya dengan penyediaan bursa kerja online (BKOL) hingga tingkat nasional.

"Para pencari kerja ini cukup mengakses website Disnakersostrans Kabupaten Pasuruan. Mereka bisa mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan hingga tingkat nasional. Mereka juga diarahkan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya," kata Yoyok Heri Sucipto, Selasa (28/2/2012).

Selain fasilitas bursa kerja online, lanjut Yoyok, para pencari kerja ini juga diberikan kemudahan dalam pengurusan kelengkapan administrasinya. Bahkan dalam pengurusan kartu kuning, dapat dilakukan secara online.

"Untuk mendapatkan kartu kuning, masyarakat cukup mendaftar melalui website. Sementara persyaratan kelengkapan berkas bisa dilakukan pada saat pengambilan kartu kuning. Ini adalah bentuk kemudahan dan pelayanan kepada pencari kerja," tandasnya.

Selain bantuan berupa peralatan software, lembaga donor dari Jepang ini juga memberikan bantuan dua unit sepeda motor "Pengantar Kerja". Sepeda motor ini diperuntukkan bagi petugas Disnakersostran untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di 1.352 perusahaan yang berdiri di Kabupaten Pasuruan.

Yamada, perwakilan JICA di Indonesia mengungkapkan, program kerja sama ini diharapkan menjadi media bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Ia juga berharap agar pada masa mendatang, program pelayanan terhadap pencari kerja ini dapat terus ditingkatkan.

"Kami berharap agar peralatan yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk pelayanan terhadap pencari kerja menjadi lebih baik," kata Yamada.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7211 seconds (0.1#10.140)