Operasi pasar jurus redam lonjakan harga

Jum'at, 02 Maret 2012 - 12:39 WIB
Operasi pasar jurus redam lonjakan harga
Operasi pasar jurus redam lonjakan harga
A A A
Sindonews.com - Operasi pasar adalah salah satu jurus handal mengantisipasi lonjakan harga jika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jadi dinaikkan. Kenaikan harga bahan pokok biasanya diakibatan dari ulah para pedagang nakal yang menimbun dagangannya.

“Jelang kenaikan harga BBM, tidak dipungkiri bakal terjadi aksi ambil untung oleh para pedagang nakal. Salah satu bentuk kenakalannya adalah menahan barang dagangannya, dengan harapan dijual saat harga BBM naik,” jelas Sekretaris Pengarah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota Solo Doni P Joewono saat diminta komentarnya soal kenaikan harga barang jelang harga BBM naik, di Kantor Bank Indonesia Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/3/2012).

Menurut Doni P Joewono yang juga Kepala Kantor Bank Indonesia Solo, langkah awal sebagai langkah antisipasi sebelum dilakukan operasi pasar, adalah perlu terlebih dahulu dilakukan inspeksi mendadak oleh pemerintah daerah setempat.

“Inspeksi mendadak ke tempat-tempat yang diduga terdapat penimbunan barang. Baru selanjutnya dilakukan operasi pasar,” jelasnya.

Salah satu komoditas barang yang perlu dilakukan operasi pasar, menurut dia adalah komoditas beras. Karena beras sangat rentan terhadap kenaikkan harga. “Nah, misalnya beras, maka operasi pasar beras itu tujuannya untuk mengendalikan stabilitas harga beras,” ujarnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6120 seconds (0.1#10.140)