Kenaikan BBM bikin rakyat susah

Sabtu, 03 Maret 2012 - 18:36 WIB
Kenaikan BBM bikin rakyat...
Kenaikan BBM bikin rakyat susah
A A A
Sindonews.com - Rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang akan dilakukan pemerintah pada April mendatang menurut Calon Gubernur DKI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Wanda Hamidah, hanya akan membuat rakyat susah. Dia lebih memilih melakukan pembatasan ketimbang menaikkan BBM subsidi.

"Pemerintah masih bisa menghemat premium dibandingkan menaikkan. Rakyat masih susah, kenapa harus dibikin susah lagi dengan kenaikan ini? Pemerintah masih bisa mengefektifkan penerimaan lewat pajak dan yang lain," ungkap Wanda dalam diskusi Redbons bertajuk "Untuk Jakarta Lebih Baik" yang digelar Okezone.com di Gallery Cafe, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Sabtu (3/3/2012).

Menurut Wanda, rencana pemerintah menaikkan BBM subsidi adalah sebuah langkah yang ironis di tengah semakin banyaknya koruptor dan penggelapan pajak. Apalagi, kenaikan BBM subsidi ini sangat berdampak pada ekonomi masyarakat.

"Akan lebih baik pembatasan BBM, tapi untuk mobil di atas 2000cc, jadi tidak memberatkan masyarakat. Di mana kalangan itu sudah mapan," lanjut dia.

Rencana pemerintah untuk memberikan kompensasi seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan kompensasi lain seperti pembagian beasiswa dan beras miskin ke masyarakat, juga dinilai Wanda tidak akan berdampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Kompensasi BBM belum bisa meningkatkan pemerataan pembangunan karena rakyat lebih butuh keteladanan dan pembuktian efektivitas anggaran," tandas dia. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0535 seconds (0.1#10.140)