Depok panen 25.200 ton cabai

Minggu, 04 Maret 2012 - 13:17 WIB
Depok panen 25.200 ton cabai
Depok panen 25.200 ton cabai
A A A


Sindonews.com - Sejak harga cabai sempat melambung tinggi, Pemerintah Kota Depok menggalakkan program menanam cabai di kalangan masyarakat. Adapun setiap warga diminta menanam pohon cabai di rumahnya. Bahkan, tanam cabai juga dilakukan oleh para kelompok tani.

Salah satunya dilakukan Kelompok Tani Indra Makmur di Jalan Raja Wati, Kelurahan Krukut RT 01 RW 04, Limo. Mereka menghasilkan cabai yang siap dipanen sekira 25.200 ton dengan luas kebun dua hektare (ha) dan 36 ribu pohon cabai.

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad ikut memetik hasil panen cabai dari Kelompok Tani Idra Makmur tersebut. Kelompok Tani Indra Makmur tersebut sukses menjalankan dan memanfaatkan dana dan modal sebesar Rp100 juta program bantuan yang digulirkan pemerintah pusat.

"Kelompok tani ini mendapatkan bantuan modal bertani dari pusat yaitu dana sebesar Rp100 juta dan telah direalisasikan ke dalam bantuk tanaman cabai dan beberapa sayuran lain, kalau seperti ini harga cabai bisa dikendalikan, ini baru satu kelompok tani saja," katanya kepada wartawan, di Depok, Minggu (4/3/2012).

Idris mengungkapkan, banyak kendala dan tantangan yang dihadapi kelompok tani untuk menanam cabai. Di antaranya yakni peralatan, cuaca, dan hama.

"Petani tersebut menyatakan salah satu halangan dikebun seluas 12 ha tersebut adalah karena tidak adanya alat traktor. Namun walaupun dengan keterbatasan alat teknologi, mereka selalui mengikuti arahan dan masukan dari penyuluh pusat terutama dalam menghadapi lalat buah dan cuaca yang ekstrem," papar Idris.

Idris mengklaim, berdasarkan catatan dari para penyuluh, bahwa telah terjadi peningkatan produktifitas dan produksi holtikultura di Kota Depok. "Ditargetkan satu kilogram (kg) dengan biaya produksi Rp4.500, semoga hal tersebut dapat terwujud," imbuhnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3984 seconds (0.1#10.140)