Nelayan minta subsidi BBM

Senin, 05 Maret 2012 - 10:44 WIB
Nelayan minta subsidi BBM
Nelayan minta subsidi BBM
A A A


Sindonews.com – Sejumlah nelayan di Jawa Tengah (Jateng) meminta kepada pemerintah untuk memberikan subsidi bahan bakar minyak (BBM) jika memang rancana kenaikkan jadi dilaksanakan.

Para nelayan yang kebanyakan beroperasi di wilayah pantura Jateng mengaku kesulitan mendapatkan BBM sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Mereka justru mendapatkan BBM dengan harga di atas rata-rata HET. BBM itu didapatkan dari para pengepul.

Sekretaris Perhimpunan Petani dan Nelayan Sejahtera Indonesia (PPSI) Jateng Riyono menyatakan, di lapangan para nelayan hingga saat ini masih seringkali kesulitan membeli eceran.

Dia mencontohkan, BBM jenis solar dengan HET Rp4.300 per liter tapi para nelayan mendapatkan harga Rp4.500. “Untuk mendapatkan BBM di lingkup nelayan kan tak gampang. Kebijakan dari pertamina agar ada SPBU khusus untuk nelayan sampai sekarang gagal total,” katanya, Minggu 4 Maret 2012.

Riyono mendesak kepada pemerintah dan PT Pertamina untuk menyediakan BBM khusus untuk para nelayan. Dengan distribusi BBM khusus ke nelayan itu, dijamin maka akan memperingan beban para nelayan.

Riyono memperkirakan, kenaikan BBM yang akan dilakukan pemerintah pada bulan depan akan memperberat kehidupan para nelayan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3903 seconds (0.1#10.140)