PGN-KHI teken MoU pipanisasi LNG Belawan

Selasa, 06 Maret 2012 - 16:32 WIB
PGN-KHI teken MoU pipanisasi LNG Belawan
PGN-KHI teken MoU pipanisasi LNG Belawan
A A A
Sindonews.com - Sebagai upaya meningkatkan ketahanan energi di Sumatera Bagian Utara, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah siap mendistribusikan pasokan gas bumi yang akan dialirkan melalui terminal LNG terapung Belawan.

Pelaksanaan proyek distribusi tersebut, dibuktikan dengan penandatanganan kontrak penyediaan pipa distribusi gas bumi yang akan menyalurkan gas bumi dari fasilitas penerima (ORF) terminal LNG terapung ke pelanggan beberapa waktu lalu.

“Penandatanganan perjanjian ini sebagai wujud komitmen kami untuk mempercepat pemenuhan pasokan gas dalam negeri, khususnya di wilayah Medan dan sekitarnya,” ujar Sekretaris Perusahaan PGAS, Heri Yusup, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (6/3/2012).

Dia juga menambahkan bahwa hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden No 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional 2010.

Sesuai perjanjian ini, KHI Pipe Industries (KHI) akan menyediakan kebutuhan pipa baja ukuran 16 inchi sepanjang kurang lebih 11 km dan ukuran 12 inchi sepanjang kurang lebih 22 km. Sesuai standar internasional untuk menjamin keamanan jaringan pipa gas bumi, pipa yang akan disupplai telah mengikuti standar API 5L Grade B.

Dari sisi kesiapan distribusi penyerapan gas bumi, PGN segera melakukan sosialisasi kepada Pelanggan dan calon pelanggan Industri dan komersial, sehingga gas bumi yang dialirkan akan menghidupkan geliat roda ekonomi di kawasan industri di Medan dan sekitarnya. Gas yang dialirkan akan dimanfaatkan sebagai tenaga listrik maupun energi lainnya.

Nantinya, pipa tersebut akan menghubungkan fasilitas regasifikasi ke stasiun distribusi PGN di onshore. Selanjutnya akan diteruskan ke jaringan pipa distribusi di wilayah Medan dan sekitarnya.

Dengan semakin cepatnya penyelesaian proyek penyediaan sumber energi baik di Hulu dan Hilir, tentunya akan mengarah pada peningkatan daya saing industri dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat yang pada akhirnya bermuara pada peningkatkan daya saing perekonomian nasional. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5502 seconds (0.1#10.140)