Bahan dasar rumah murah aman untuk dihuni

Kamis, 08 Maret 2012 - 19:29 WIB
Bahan dasar rumah murah aman untuk dihuni
Bahan dasar rumah murah aman untuk dihuni
A A A
Sindonews.com - Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengungkapkan bahwa bahan dasar rumah murah seharga Rp70 juta untuk tipe 36 hanya menggunakan semen, pasir cetak, besi beton dan besi siku. Djan juga mengklaim bahwa bahan dasar tersebut aman untuk dihuni.

"Kalau yang semacam itu berlaku secara nasional. Dalam rangka membantu pengembang untuk membuat rumah itu menjadi murah, dan dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga," ujarnya saat ditemui di SME Tower, Jakarta, Kamis, (8/3/2012).

Lebih lanjut Djan menyatakan, kenaikan harga itu seharusnya bukan diantisipasi dengan naik harga tapi dengan inovasi teknologi.

"Kalau modalnya Rp25 juta tambah tanah, misalnya Rp20 juta jadi Rp45 juta tambah biaya-biaya lain kan mestinya Rp70 juta itu cukup tapi teknologinya ikut Kemenpera," jelasnya.

Masih menurutnya, kalau para pengembang tetap menggunakan bahan tradisional maka untuk kedepannya akan menjadi susah. "Bahan bakunya terlalu banyak. Ini kan simpel, besi beton, semen dan pasir, sudah itu saja," ungkapnya.

Namun, Djan memastikan bahan baku yang diterapkan oleh pihaknya untuk rumah murah sangat aman untuk dihuni oleh masyarakat. "Sangat aman karena sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Kalau tidak dikasih PU, kita ga berani dan sudah dibangun ribuan unit," pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9753 seconds (0.1#10.140)