Pewaralaba Indomaret keluhkan perbankan

Jum'at, 09 Maret 2012 - 15:18 WIB
Pewaralaba Indomaret keluhkan perbankan
Pewaralaba Indomaret keluhkan perbankan
A A A


Sindonews.com - PT Indomarco Pismatama (pengelola Jaringan Indomaret) mengeluhkan sektor perbankan yang kurang mendukung pengusaha domestik di Indonesia.

Menurut Finance Director PT Indomarco Prismatama Hendarto Josojuwono, salah satu kendala yang terberat saat ini adalah dukungan dari perbankan. Walaupun menurut pandangannya bank-bank tersebut tidak eksklusif seperti yang dibayangkan masyarakat pada umumnya.

"Kami terkendala di permodalan, makanya lagi mencoba menggaet bank," ujarnya saat ditemui di Gedung Graha Niaga, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Hendarto mengungkapkan bahwa sejauh ini, perbankan sangat gencar membantu para pelaku usaha, namun kecenderungan yang terlihat itu pengusaha asing. "Mbok ya pengusaha domestik, yang sektor rill dan produktif ini yang dibantu," keluhnya.

Selain modal, lanjut Hendarto, adalah tahapan sosialisasi dimana proses ini dilakukan dari kedua pihak. "Dukungan pada kami untuk mensosialisasikan kurang, contohnya kalau mau adakan pameran franchise kalau ada perbankan yang aktif di situ, katakanlah masang stand aja, kan seru juga," paparnya.

Mengenai bunga bank, Hendarto mengeluhkan suku bunga yang ditetapkan oleh bank terlalu tinggi. Mengingat beberapa waktu sebelumnya saat melakukan kerja sama dengan salah satu bank besar di Indonesia, para pengusaha yang berwaralaba kewalahan dengan bunga yang cukup tinggi.

"Franchise ini kan bisnis yang ada kondisi waktunya, jadi namanya mau buka usaha, ujung-ujungnya duit, pasti pengusaha ngitung, kalau bunganya tinggi, ya habis uangnya," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)