Hemat listrik, jalan tol harus pakai lampu tenaga surya

Minggu, 11 Maret 2012 - 13:57 WIB
Hemat listrik, jalan tol harus pakai lampu tenaga surya
Hemat listrik, jalan tol harus pakai lampu tenaga surya
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan bahwa untuk di tahun-tahun mendatang Indonesia harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menghemat energi. Salah satu contoh yang diungkapkannya adalah mengenai penerapan teknologi tenaga surya (solar cells) pada lampu-lampu jalan tol.

"Pokoknya saya pengen kedepan semua jalan tol harus pakai tenaga surya. Kalau tidak mau, saya ganti direkturnya," ujar Dahlan saat ditemui dalam acara Seminar Nasional Pemanfaatan Inovasi Ilmu Pengatahuan dan Teknologi (IPTEK)di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (11/3/2012)

Dahlan menambahkan hal tersebut, diupayakan untuk menghemat penggunaan listrik. Sebagai percontohan, direncanakan akan dimulai pada jalan tol Cawang-Bandara Soekarno Hatta sepanjang 40 KM.

"Persiapannya sudah dilakukan sejak sebulan lalu, jadi dalam waktu tiga bulan Insya Allah sudah terealisasi. Nanti kedepannya harus semua jalan tol pakai tenaga surya. Ada berapa jalan tol yang ada, banyak kan yang bisa dihemat," jelasnya.

Hal tersbut juga mengingat beberapa jalan tol yang akan dibangun di Sumatera, seperti di Sumatera Barat dan beberapa daerah lainnya.

"Sekarang sudah dipersiapkan beberapa jalan tol di Sumatera. dan sebelum 2014 ada dua jalan tol di Sumatera Barat dan Sumatera Utara yang dapat selesai. Setelah itu kan banyak lagi. Dan semua itu kita akan upayakan pakai tenaga surya,"pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7511 seconds (0.1#10.140)