AKEI bangun pembangkit mikro hidro di Sulbar

Senin, 12 Maret 2012 - 20:18 WIB
AKEI bangun pembangkit mikro hidro di Sulbar
AKEI bangun pembangkit mikro hidro di Sulbar
A A A


Sindonews.com - Asosiasi Kontraktor Elektrikal Indonesia (AKEI) Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar), akan membangun pembangkit listrik mikro hidro tahun 2013 nanti.

Rencananya, pembangkit tahap pertama akan dibangun di Provinsi Sulbar dengan daya 2x3 Mega Watt (MW). Pembangkit kedua, dibangun setahun kemudian dengan daya 2x5 MW di Sulsel.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) AKEI Sulselbar Rahmat Sampetoding kemarin mengatakan, untuk pembangkit pertama dibutuhkan investasi sekitar Rp100 miliar. “Sekarang sedang tahap pengurusan izin,” jelasnya.

Sedangkan pembangkit tahap kedua, dana yang disiapkan juga sebanyak Rp100 miliar. Menurutnya, untuk dua pembangkit tersebut disiapkan investasi sebanyak Rp200 miliar. “Sumber pembiayaan dari perbankan yakni Mandiri dan BRI,” sebutnya.

Rahmat mengatakan, komposisi investasi sebesar 70 persen adalah dana perbankan. Sedangkan sisanya, dibiayai swasta yakni anggota AKEI. “Anggota kami siap untuk itu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) AKEI Toto Arfandi mengatakan, rasio elektrifikasi di kawasan timur Indonesia (KTI) masih jauh tertinggal. “Rasio elektrifikasi di KTI hanya 59,2 persen saja,” jelasnya.

Sedangkan di Jawa-Bali rasio elektrifikasinya sudah sebesar 71 persen. Sedangkan Indonesia, rasionya 71,2 persen. “Ini adalah data bulan Oktober 2011 lalu,” katanya usai pelantikan pengurus DPD dan DPC AKEI Sulselbar di Makassar, Senin (12/3/2012).

Dia mengatakan, dengan kehadiran AKEI diharapkan dapat mempercepat sambungan listrik baru di Indonesia. “Program kami adalah, 2016 Indonesia menyala,” pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9351 seconds (0.1#10.140)