Astra Honda motor bangun pabrik baru

Rabu, 14 Maret 2012 - 08:36 WIB
Astra Honda motor bangun pabrik baru
Astra Honda motor bangun pabrik baru
A A A
Sindonews.com - PT Astra Honda Motor (AHM) membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi sebesar 1,1 juta unit per tahun untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik (skuter otomatik) di dalam negeri.

AHM yang merupakan perusahaan joint venture PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co menanamkan modal sebesar Rp3,128 triliun untuk proyek tersebut. Pabrik baru AHM akan dibangun di Kawasan Industri Bukit Indah di Karawang,Jawa Barat.

Fasilitas perakitan sepeda motor ini diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir semester II/2013. Pabrik AHM yang keempat tersebut akan melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang.

Dengan tambahan fasilitas baru tersebut, total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta unit per tahun.

Konsep dari pabrik baru itu nantinya adalah mampu mengurangi jumlah emisi CO2 dan memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga angin, serta pembangkit listrik tenaga surya. Selain itu, pabrik dirancang agar setiap proses produksinya berlangsung secara canggih sehingga akan menjadi pabrik yang nyaman bagi tenaga kerja, serta ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar.

“Kami berkomitmen 100 persen menyuplai produk berkualitas terbaik dengan teknologi canggih untuk kesenangan berkendara dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan konsumen,” kata President Director AHM Yusuke Hori dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Pabrik baru AHM ini akan menyerap tenaga kerja sekitar 3.000 orang, sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini akan menjadi sekitar 21.000 orang.

“Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di dalam negeri, sekaligus menciptakan lapangan kerja baru selain juga untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat,” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

Pasar sepeda motor nasional adalah pasar terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Permintaannya terus meningkat karena ditopang oleh oleh fondasi perekonomian yang stabil dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pasar motor nasional tahun 2011 mencatatkan angka tertinggi sepanjang sejarah yaitu sekitar 8,01 juta unit, atau tumbuh 8,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan AHM pada tahun 2011 tercatat 4,27 juta unit, atau tumbuh 25,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6–4,8 juta unit dengan prediksi bahwa total pasar akan meningkat menjadi sekitar 8,4–8,7 juta unit. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5941 seconds (0.1#10.140)