Dompet Dhuafa gandeng Asosiasi Bank Syariah

Rabu, 14 Maret 2012 - 15:03 WIB
Dompet Dhuafa gandeng...
Dompet Dhuafa gandeng Asosiasi Bank Syariah
A A A


Sindonews.com - Untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat, Dompet Dhuafa menggandeng Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) yang terdiri 133 bank syariah yang beroperasi di Indonesia.

"Saat ini potensi zakat di Indonesia sangat besar, namun tahun lalu yang baru terkumpul melalui lembaga pengelola zakat tidak lebih dari 1,5 persen,” ungkap Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ismail A Said, usai menandatangani nota kesepahaman dengan Ketua Umum Asbisindo A Riawan Amin, di Restoran Mirasari, Kemang, Jakarta, Rabu (14/3/2012).

Dengan kerja sama ini masyarakat akan lebih mudah menyalurkan dana zakatnya melalui layanan yang tersedia di bank-bank syariah tersebut, karena nantinya di setiap bank syariah yang menjadi anggota asosiasi ini akan dibuka gerai pelayanan zakat, infak, dan sedekah.

"Dengan demikian pengumpulan zakat di Indonesia dapat lebih optimal," tambahnya.

Ismail menjelaskan, selama ini dana filantropi berupa zakat, infak dan sedekah telah terbukti menjadi salah satu instrumen pengentasan kemiskinan.

Melalui program-program pemberdayaan yang dijalankan lembaga pengelola zakat seperti Dompet Dhuafa, banyak masyarakat miskin yang terbantu dan tertolong.

"Bahkan banyak pula yang kini menjadi mandiri dan berbalik menjadi donatur," jelasnya.

Ismail mencontohkan, bagaimana dana zakat, infak dan sedekah yang dikelola Dompet Dhuafa dapat menolong ratusan ribu pasien miskin, ribuan siswa kurang mampu serta memberdayakan ratusan ribu pedagang kecil dan petani di pedesaan.

"Ada mitra kami yang dibina dan dibantu modal Rp1 juta, kini telah memiliki asset puluhan miliar," ungkapnya.

Sekadar informasi, Asbisindo adalah perkumpulan 133 bank syariah di Indonesia yang terdiri dari 24 Bank Umum Syarah dan Unit Usaha Syariah, serta 109 Bank Perkreditan Rakyat Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0479 seconds (0.1#10.140)