Banyak maskapai lalai bayar iuran masyarakat

Kamis, 15 Maret 2012 - 14:34 WIB
Banyak maskapai lalai bayar iuran masyarakat
Banyak maskapai lalai bayar iuran masyarakat
A A A


Sindonews.com - PT Jasa Raharja mengakui ada beberapa maskapi penerbangan yang nakal dalam melakukan setoran dari pembayaran iuran masyarakat sebesar Rp5.000 per orang untuk setiap perjalanan transportasi udara.

Direktur Utama Jasa Raharja, Diding Anwar, cenderung tertutup dalam hal ini, ketika ditanya wartawan, dia hanya sebutkan beberapa nama maskapai penerbangan yang sebenarnya maskapai tersebut sudah tidak aktif lagi.

"Ada beberapa maskapai yang terlambat dan terganggu pembayarannya selama ini, seperti Adam Air. Kalau terjadi kenakalan, akan ada tim pengacara dari negara," ujar Diding saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Dia juga tidak menyebutkan berapa angka yang tertunggak dari para maskapai tersebut. Akan tetapi, dia mengatakan tunggakkan itu dapat dicicil jika maskapai tidak sanggup untuk membayarnya.

Sekadar informasi, iuran masyarakat sebesar Rp5.000, merupakan iuran yang dibayarkan ketika masyarakat secara per orang melakukan perjalanan melalui transportasi udara. Dari pihak transportasi (maskapai) menyetorkan kembali ke PT Jasa Raharja (Persero) sebagai uang asuransi dan yang akan dipergunakan untuk membayar santunan jika terjadi kecelakaan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)