Halim disiapkan tampung embarkasi haji

Kamis, 15 Maret 2012 - 16:34 WIB
Halim disiapkan tampung embarkasi haji
Halim disiapkan tampung embarkasi haji
A A A
Sindonews.com - PT Angkasa Pura II (AP II) akan menjadikan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta Timur) sebagai embarkasi dan debarkasi haji dan umrah mulai 2013.

Direktur Utama AP II Tri Sunoko mengungkapkan bahwa alokasi dana yang dibutuhkan adalah Rp100 miliar untuk keperluan tersebut dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun depan (2013). Pada saat ini, sudah masuk dalam tahapan penyusunan desain dasar atau Detil Engineering Design (DED) untuk merealisasikan rencana tersebut.

"Bandara Halim akan dijadikan sebagai pendukung (support) fungsi Bandara Soekarno Hatta (Soetta) yang saat ini sudah over capacity. Diharapkan proses ground breaking bisa akhir 2012," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Dalam rencananya AP II akan melakukan revitalisasi terminal penumpang Bandara Halim Perdanakusuma, yakni dengan mendesain ulang dan menambah kapasitas. Sunoko menambahkan, kapasitas tampung terminal itu hanya dua juta pergerakan orang per tahunnya.

"Jadi nanti Halim akan dibangun terminal yang nantinya bisa mengakomodasi pelayanan haji dan umrah, tak hanya penumpang reguler. Halim akan menjadi pelengkap pelayanan haji Bandara Soekarno Hatta. Jadi bukan semata untuk antisipasi karena Terminal Haji Bandara Soetta akan dibongkar akhir tahun ini, jadi untuk 2013 haji di Soetta sebagian dilimpahkan ke Halim," jelasnya

Dia juga mengatakan, dalam penyusunan DED itu pihaknya juga menggandeng TNI AU selaku pemilik aset bandara tersebut.

"Jadi dengan menggandeng TNI AU kami tahu berapa persen pelimpahan penumpang haji dari Bandara Soetta ke Halim. Saat ini dari total jamaah haji per tahun rata-rata 200 ribu jamaah, 55 ribu melalui Bandara Soetta, berapa persen yang bisa dialihkan nanti ketahuan," lanjutnya.

Sebagai informasi Halim merupakan bandara enclave sipil yang mana selain untuk pelayanan penerbangan komersial juga untuk pelayanan TNI AU, hingga keberadaan VVIP untuk prosesi kenegaraan. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)