Tarif hotel bakal dikoreksi lagi

Jum'at, 16 Maret 2012 - 10:54 WIB
Tarif hotel bakal dikoreksi lagi
Tarif hotel bakal dikoreksi lagi
A A A


Sindonews.com – Kalangan perhotelan dipastikan akan menaikkan lagi tarif (rate) kamar hotelnya menyusul rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 April mendatang. Besarnya kenaikan akan menjadi kebijakan dari masing-masing hotel.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jateng, Heru Isnawan menuturkan, setiap tahun pelaku hotel menaikkan tarif kamar hotelnya. Besarnya kenaikan disesuaikan dengan perkembangan inflasi. Untuk awal tahun ini pelaku hotel sudah menaikkan harga kamarnya sekitar 10 persen. Sehingga dengan adanya rencana kenaikan harga BBM, maka dipastikan harga akan dinaikkan lagi.

”Jadi jika ada kenaikan harga BBM, maka kenaikan (harga kamar hotel) tahun ini akan terjadi dua kali. Itu sama waktu 1998 dulu yang juga terjadi kenaikan harga BBM, di mana selama setahun harga kamar hotel dikoreksi sebanyak dua kali,” katanya, Kamis 15 2012.

Selama ini, biaya energi yang didalamnya ada BBM mencapai 20-25 persen dari total operasional perhotelan. “Sehingga jika harga BBM naik, maka tarif (kamar) tentu akan disesuaikan,” tuturnya.

Upaya mengoreksi harga kamar hotel biasanya tidak secara langsung menaikan harganya. Melainkan dengan mengurangi angka diskon kamar yang biasanya ditawarkan kepada tamu hotel. Hal ini karena konsumen lebih senang dengan perubahan diskon ketimbang harga yang dinaikkan.

Sementara itu, Corporate PR Manager Dafam Hotel Management, Ninik Haryanti mengatakan, hingga kini pihaknya belum merubah harga kamar hotelnya. “Harga sudah kita bikin untuk harga dalam satu tahun,” katanya.

Ditambahkan, perubahan harga biasanya akan dilakukan lagi pada tahun depan. Namun jika akan dilakukan perubahan lagi dalam tahun ini, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2212 seconds (0.1#10.140)