Menpera gandeng BPD salurkan FLPP

Jum'at, 16 Maret 2012 - 12:08 WIB
Menpera gandeng BPD salurkan FLPP
Menpera gandeng BPD salurkan FLPP
A A A
Sindonews.com - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengungkapkan akan menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank BTN Syariah dan Bank BNI Syariah dalam merealisasikan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini,

"Sebelumnya kan sudah ada, jadi ditambah BTN Syariah dan BNI Syariah habis ini BPD akan masuk juga. 32 BPD sudah ikut," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (16/3/2012).

Dia menyatakan, dalam waktu dekat Kemenpera akan mengundang pihak-pihak yang disebutkan tadi untuk menghadiri sosialisasi terkait FLPP.

"Segera kita akan mengundang mereka untuk sosialisasi, karena kita perlu BPD untuk memback up lembaga penjaminan yang akan dibuat oleh pemda untuk masyarakat yang nonbankable,"jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pemilihan BPD tersebut akan berfungsi agar masyarakat dapat menikmati fasilitas kredit berbunga murah dan berjangka waktu panjang.

"Nah itu kita kejar BPD. Targetnya bulan depan. Kita ingin mereka mem-back up lembaga penjaminan, misalnya kaki lima, tukang cendol, pekerja bangunan nelayan mereka kan nonbankable. Tapi kalau di lembaga penjaminan ini yang nanti menjamin ke BPD mengenai tata cara pengembaliannya, lembaga penjaminan yang mengkolektifkan cicilan dari masyarakat, kaya tukang batu gajinya mingguan, gajiannya mingguan, cicilannya mingguan, kaki lima penghasilannya harian, cicilannya harian," paparnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5671 seconds (0.1#10.140)