Harusnya kenaikan BBM tahun lalu

Sabtu, 17 Maret 2012 - 17:26 WIB
Harusnya kenaikan BBM...
Harusnya kenaikan BBM tahun lalu
A A A
Sindonews.com - Pengamat Ekonomi Universitas Padjadjaran (Unpad) Kodrat Wibowo menilai, kebijakan menaikan harga BBM sudah terlambat untuk dilakukan saat ini. Pasalnya, selain karena gejala-gejala kenaikan harga minyak dunia sudah terlihat, pada tahun lalu perekonomian Indonesia sedang kuat jika dibandingkan beberapa negara maju di dunia.

"Seharusnya ini kita lakukan kenaikan BBM tahun lalu, sementara ekonomi di dunia sedang jeblok, ekonomi kita sedang bagus," ujarnya saat ditemui di acara Sindo Radio, Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (17/3/2012).

Dia menambahkan, akibat perlambatan ekonomi global, perekonomian Indonesia saat ini sudah mulai terdampak. Hal tersebut terlihat dengan mulai tergerusnya daya beli masyarakat saat ini.

"Kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM bersubsidi saat ini patut dipertanyakan. Ini ada anomali apa dibalik kebijakan ini? sehingga nantinya akhirnya merugikan masyarakat," ungkapnya.

Terlait dengan hal tersebut, Pengamat Ekonomi Politik Ikhsan Modjo menyatakan, justru kebijakan kenaikan tersebut dilakukan pemerintah melihat situasi global yang saat ini sudah mengkhawatirkan.

Dalam kondisi ini pemerintah menurutnya harus mengambil respon terhadap kondisi dimana terjadinya kenaikan harga minyak yang diluar perkiraan pemerintah tahun ini."Situasi global sedang bombastik. Harga minyak internasional itu naik, ditengah ekonomi dunia ini sedang penurunan, biasanya sebaliknya," katanya dikesempatan yang sama.

Menurut ikhsan kondisi itu juga menjadi alasan mengapa pemerintah akhirnya tidak mengambil keputusan untuk pembatasan BBM yang sudah direncanakan tahun ini.

"Karenanya bukan pembatasan yang dipilih , karena kalau dipaksakan ini akan jadi boomerang bukan hanya untuk pemerintah, tapi juga untuk DPR," pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0432 seconds (0.1#10.140)