Pacific Royale siap mendarat ke Makassar

Selasa, 20 Maret 2012 - 19:33 WIB
Pacific Royale siap...
Pacific Royale siap mendarat ke Makassar
A A A
Sindonews.com - Tahun ini, sejumlah maskapai akan menambah frekuensi penerbangannya dari Makassar ke beberapa kota. Termasuk, perusahaan penerbangan baru yakni Pacific Royale Airway, juga Mandala Airlines.

General Manager PT Angkasa Pura I Terminal Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rahman Syafrie mengatakan, maskapai lokal yang akan menambah frekuensi penerbangannya adalah Garuda Indonesia. Termasuk Lion Air dan beberapa maskapai lokal lainnya yang saat ini sudah lebih dulu beroperasi. “Satu maskapai penerbangan baru juga akan masuk, yakni Pacific Royale,” kata Rahman, Selasa (20/3/2012).

Dia memaparkan, perusahaan tersebut rencananya masuk ke Makassar April nanti. Pesawat yang digunakan adalah Boeing Seri A320. “Mengangkut 180 orang penumpang dan masuk ketegori premiun,” jelasnya.

Rahman mengatakan, untuk tahap awal Pacific Royale baru menggunakan satu unit pesawat saja. “Nantinya akan melayani penerbangan dari Makassar dengan tujuan Surabaya,” paparnya.

Maskapai ini juga akan membuka satu penerbangan perintis. Pesawat yang digunakan adalah Foker 50. “Kami belum tahu akan melalui jalur mana. Tapi yang pasti, untuk penerbangan perintis,” ucapnya.

Pertengahan tahun ini, maskapai penerbangan Mandala Airlines yang sempat kolaps, kembali beroperasi dan masuk ke Makassar. “Mungkin pertengahan tahun sudah beroperasi kembali,” sebutnya.

Rahman mengatakan, dengan adanya rencana penambahan armada, serta akan masuknya maskapai baru, maka penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin makin ramai. “Frekuensinya akan naik,” katanya.

Saat ini, dalam sehari sekitar 220 penerbangan yang keluar dan masuk ke Makassar. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 210 penerbangan dalam sehari. “Tahun ini peningkatannya sangat besar,” tandasnya.

Sebagai informasi Pacific Royale Airways merupakan maskapai yang dioperasikan oleh PT Pacific Royale Airways Indonesia. Perusahaan ini merupakan hasil patungan antara Pacific Royale milik investor India, Tarun Trikha dan keluarga Goenarni Goenawan dari Indonesia.

Maskapai ini sudah memperoleh Surat Izin Angkutan Udara (SIAU) atau Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) dari Kementerian Perhubungan pada 1 November 2011. Sebanyak 10 pesawat, lima unit Fokker 50 dan lima unit A320 disiapkan untuk beroperasi. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1809 seconds (0.1#10.140)