Hatta: DP naik tak ganggu industri automotif

Rabu, 21 Maret 2012 - 14:25 WIB
Hatta: DP naik tak ganggu industri automotif
Hatta: DP naik tak ganggu industri automotif
A A A
Sindonews.com - Keputusan pemerintah untuk menaikkan uang muka (down payment/DP) kendaraan bermotor diharapkan tidak akan mempengaruhi industri automotif di Indonesia.

"Ya tentu. Laju pembiayaan untuk sektor itu tinggi harus diakui dan saya harapkan ini tidak sama sekali menganggu dari industri automotif kita terutama kendaraan dengan adanya kebijakan untuk meningkatkan equity atau uang muka itu," ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa kala ditemui kantornya, Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Dia menambahkan jika hal ini akibat adanya gejala yang mungkin dipengaruhi dari kurang lancarnya pembayaran. Saya berharap dengan menaikkan ini tidak sama sekali mengganggu pertumbuhan sektor automotif kita.

Untuk pembayaran kredit perumahan, Hatta menilai bahwa hal tersebut haruslah dipermudah terutama untuk kalangan masyarakat bawah dan juga untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kalau perumahan memang seharusnya ada upaya memberikan satu kemudahan bagi perumahan-perumahan yang betul-betul diperlukan seperti tipe-tipe kecil 36 untuk PNS dan masyarakat kelas bawah," paparnya.

"Tapi, kalau untuk kelas menengah ke atas harus cukup equity-nya jangan terjadi over heating atau terjadi katakanlah semacam bubble, kita juga tidak mau," tambah Hatta.

Hatta pun berharap dengan adanya hal tersebut tidak akan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian dan pertumbuhan sektor industri. "Saya kira kita sudah perhitungkan semua. Saya masih meyakini sektor industri kita akan tumbuh sesuai dengan prediksi kita," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7735 seconds (0.1#10.140)