Pengusaha keluhkan kemampuan pencari kerja

Selasa, 27 Maret 2012 - 08:17 WIB
Pengusaha keluhkan kemampuan pencari kerja
Pengusaha keluhkan kemampuan pencari kerja
A A A
Sindonews.com - Rendahnya penyerapan tenaga kerja di Kota Cirebon akibat rendahnya kemampuan personel pencari kerja itu sendiri. Hal tersebut diakui sejumlah pengusaha di Kota Cirebon.

Direktur Utama Grage Grup Bamunas S Budiman mengakui, tenaga kerja asal Kota Cirebon yang dipekerjakan di perusahaannya hanya sekitar 40 persen, atau minimal memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kota Cirebon. Sementara 60 persen sisanya direkrut dari luar Kota Cirebon.

Dia menyebutkan, kualitas sumber daya manusia (SDM) pencari kerja menjadi penyebab rendahnya penyerapan tenaga kerja asal Kota Cirebon.

Menurut dia, perusahaannya membutuhkan kemampuan pencari kerja. “Masalahnya bukan pada ketersediaan, tapi pada skill pencari kerja. Perekrutan tenaga kerja didasarkan pada kualitas personal pencari kerja, juga kebutuhan perusahaan masing-masing,” ungkap dia.

Guru Besar Sosiologi dan Antropologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nur Jati Cirebon Abdullah Ali mengatakan penerimaan tenaga kerja dari luar Kota Cirebon bisa jadi disebabkan ketersediaan SDM yang dibutuhkan pihak swasta tidak memenuhi standar. Dengan kata lain, persoalan itu harus dilihat secara komprehensif. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3700 seconds (0.1#10.140)