Telkom mulai tender proyek SMPCS

Selasa, 27 Maret 2012 - 16:39 WIB
Telkom mulai tender...
Telkom mulai tender proyek SMPCS
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan mulai melakukan tender pembangunan infrastruktur serat optik proyek Nusantara Super Highway ring Sulawesi, Maluku, Papua sepanjang 5.693 kilometer (km).

Direktur Network and Solution Telkom Ermady Dahlan mengatakan, perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut akan segera melakukan tender proyek Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS). “Kami targetkan pelaksanaan pembangunan proyek tersebut sudah dilakukan tahun ini,” kata dia di Jakarta, Selasa (27/3/2012).

Lebih lanjut Ermady menjelaskan, proyek pembangunan serat optik tersebut melalui Ternate, Sorong, Manokwari, Biak, Jayapura dan Ternate, Ambon, Fakfak, Timika. Proyek ini akan beroperasi secara bertahap mulai tahun depan dan akan beroperasi seluruhnya pada 2014.

SMPCS merupakan bagian dari proyek jaringan infrastruktur Nusantara Super Highway yang menghubungkan seluruh nusantara, mulai dari Banda Aceh-Papua dalam enam ring.

Keenam ring tersebut, yakni ring Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Ring Kepulauan Maluku dan Papua. Untuk proyek SMPCS diperkirakan membutuhkan investasi sebesar Rp1,5 triliun. Sedangkan, total investasi yang disiapkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telekomunikasi tersebut sebesar Rp21,6 triliun.

Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia menambahkan, saat ini proses tender masih dalam tahap persiapan dan diharapkan segera selesai. Dengan rampungnya proyek SMPCS ini, sebanyak 497 kota di Indonesia pada 2015 akan terjangkau layanan true bradband. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9006 seconds (0.1#10.140)