Minyak bumi Boyolali diminati investor asing

Kamis, 29 Maret 2012 - 21:10 WIB
Minyak bumi Boyolali diminati investor asing
Minyak bumi Boyolali diminati investor asing
A A A
Sindonews.com - Potensi minyak bumi yang terdapat di Boyolali Boyolali bagian utara, di Kecamatan Wonosegoro, Andong, dan Kemusu diminati empat perusahaan asing. Dari keempat perusahaan tersebut, dua di antaranya sudah memasuki tahap penyelesaian akhir administrasi izin survei lokasi pengeboran.

"Nantinya, hasil survei bisa jadi patokan investor untuk melakukan eksplorasi minyak bumi di Boyolali," jelas Bupati Boyolali Jawa Tengah Seno Samodro, tanpa menyebutkan perusahaan asing tersebut, kepada para wartawan, Kamis (29/3/2012).

Sayangnya, perusahaan BUMN, tambah Seno, tidak tertarik mengolah potensi minyak gas bumi di Boyolali, dengan alasan biaya survey yang cukup tinggi. Padahal, kandungan minyak bumi yang dibidik empat perusahaan asing sangat besar.

"Dari data base yang ada pada kami, kandungan minyak bumi yang ada di Kecamatan Wonosegoro, Andong dan Kemusu cukup besar. Sayang sekali perusahaan kita, seperti Pertamina tidak tertarik," ungkapnya.

Sedangkan adanya aktifitas warga yang melakukan penyulingan awal, sejak beredarnya kabar hendak masuknya empat perusahaan asing yang hendak mengekspolitasi kekayaan alamnya, bupati menyatakan tidak keberatan. Pemkab Boyolali juga tidak akan melarang karena tidak ada regulasi kegiatan seperti itu harus berizin.

"Biarin saja. belum ada aturannya. Jadi warga bila lakukan penyulingan minyak bumi secara manual, jadi ya tidak usah izin, silakan saja," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5539 seconds (0.1#10.140)