Nelayan Parepare dapat bantuan Rp27 M

Minggu, 01 April 2012 - 19:06 WIB
Nelayan Parepare dapat bantuan Rp27 M
Nelayan Parepare dapat bantuan Rp27 M
A A A
Sindonews.com - Melalui Dinas Kelautan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, sembilan dari 22 kelurahan yang tersebar di empat kecamatan yang ada di Kota Parepare, akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah kota Roma. Bantuan dana tersebut sebesar Rp27 miliar.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan (PKPK) Kota Parepare Hj Damilah Husain mengatakan bantuan ini dikhususkan bagi masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir utamanya bagi warga miskin dan nelayan. Rencananya, bantuan tersebut akan dikucurkan secara bertahap dalam kurun lima tahun.

"Sistem pengucuran dana secara begilir, di mana setiap tahunnya akan ada tiga kelurahan yang mendapat bantuan sebesar Rp5,4 miliar," jelasnya, Minggu (1/4/2012).

Dia juga menambahkan pengucuran bantuan ditarget selesai dalam tiga tahun untuk 9 kelurahan. "Dan sisa dana bantuan dari total bantuan Rp27 miliar, akan digunakan sebagai dana pembinaan selama dua tahun. Tapi ada kemungkinan beberapa kelurahan lainnya ikut mendapat bantuan yang sama jika hasil dari bantuan ini memuaskan," paparnya.

Dari 36 daerah pesisir di Indonesia, Parepare merupakan salah satu daerah yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah kota Roma tersebut. Di Sulsel sendiri, Kota Parepare dan Makassar yang ditunjuk sebagai daerah penerima bantuan.

Damilah menerangkan, sembilan kelurahan yang mendapatkan bantuan tersebut di antaranya Kampung Pisang, Wattang Soreang, Kampung Baru, Lumpue, Ujung Sabbang, Labukkang, Lakessi, Cappa Galung, dan Sumpang Minangae.

"Dana bantuan diperkirakan cair bulan Juni mendatang. Secara teknis, bantuan itu untuk pengadaan sarana dan prasarana yang sekiranya mendukung aktivitas para warga kelurahan. Tapi dana itu fleksibel namun harus tetap sesuai petunjuk teknis," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)