Tol Gempol-Pandaan resmi dibangun hari ini

Rabu, 04 April 2012 - 15:49 WIB
Tol Gempol-Pandaan resmi dibangun hari ini
Tol Gempol-Pandaan resmi dibangun hari ini
A A A
Sindonews.com - Jalan tol Gempol-Pandaan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) mulai di bangun hari ini. Adapun tujuan pembangunan jalan tol tersebut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan jalan tol Gempol-Pandaan ini dibuka oleh Gubernur Jatim Sukarwo dengan ditandai penekanan tombol sirene pecanangan tiang di Bunderan Nusa Dua, Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Jalan tol dengan panjang 15 kilometer (km) untuk sementara dibuat dua jalur, dengan lebar jalur 3,60 meter dengan rata–rata kecepatan kendaraan roda 4 sekitar 100 km/jam.

Untuk pembangunan jalan ini, akan membutuhkan waktu sekitar 15 bulan dan diperkirakan sudah selesai pada Juli 2013 sehingga bisa dioperasionalkan tepat waktu.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman, pembangunan jalan tol Gempol-Pandaan untuk manfaatnya banyak sekali diantaranya menghemat waktu para pengendara dari Surabaya menuju Malang. Selain itu, meningkatkan keselamatan dan kenyamanan, mendorong perkembangan wilayah di sekitar koridor dan jalan tol.

Bahkan jalan tol ini diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi disektor industri, pemukiman, perdagangan dan pariwisata. “Kita harapkan 2013 sudah selesai,” ujar Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, Rabu (4/4/2012).

Usai pembangunan jalan tol Gempol-Pandaan ini rencananya akan diteruskan pembangunan jalan tol Gempol-Pasuruan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)