BI siapkan Rp1,5 M layani kas keliling di Kepulauan Seribu

Senin, 09 April 2012 - 10:00 WIB
BI siapkan Rp1,5 M layani...
BI siapkan Rp1,5 M layani kas keliling di Kepulauan Seribu
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) menyiapkan modal kerja sebesar Rp1,5 miliar untuk melakukan layanan kas keliling di Kepulauan Seribu yang terdiri dari berbagai pecahan, khususnya uang pecahan kecil.

Selain itu, layanan kas keliling tersebut akan melakukan penukaran uang rupiah, uang lusuh (uang tidak layak edar) dengan uang layak edar atau uang pecahan besar dengan pecahan kecil.

"Tujuannya mendorong kebijakan clean money policy dalam upaya pencapaian misi BI di bidang sistem pembayaran tunai yakni memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar," kata Kepala Bagian Pengelolaan Uang Keluar Bank Indonesia (BI) Ani Farida Lubis kepada wartawan, di Gedung BI, Jakarta, Senin (9/4/2012).

Kegiatan tersebut melalui perluasan jangkauan layanan kas BI dengan bekerja sama atau bersinergi dengan instansi atau lembaga terkait, antara lain dengan Polisi Air.

Sasaran lokasi yang dituju ini yakni di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Panggang, Pulau Harapan, dan di pesisir wilayah Jakarta Utara meliputi wilayah Dadap, Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit, dan Penjaringan.

Ani menambahkan, pihaknya juga akan menyosialisasikan ciri-ciri keaslian uang rupiah kepada masyarakat, instansi atau pelajar, serta menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat.

Sekadar informasi, berdasarkan hasil survei dan masukan stakeholder yang terdiri dari perbankan dan masyarakat, di wilayah perbatasan dan terpencil, antara lain daerah kepulauan, tingkat kualitas uang relatif kurang baik dan terbatasnya akses masyarakat ke perbankan. Misalnya di Kabupaten Kepulauan Seribu hanya memiliki satu bank dengan status kantor kas.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0463 seconds (0.1#10.140)