Presiden segera terbitkan Inpres penghematan energi

Senin, 09 April 2012 - 10:56 WIB
Presiden segera terbitkan Inpres penghematan energi
Presiden segera terbitkan Inpres penghematan energi
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam waktu dekat akan menerbitkan Inpres tentang penghematan energi secara bertahap.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Ketua Bappenas Arminda Alisyabana mengungkapkan ada lima arahan presiden kepada menteri terkait. "Salah satunya soal penghematan energi secara bertahap," ujar Arminda di Denpasar, Senin (9/4/2012).

Arahan dimaksud menyangkut kebijakan pengamanan APBN-P 2012, kebijakan penerimaan negara yang bukan pajak dalam segala lini. Juga menyangkut penghematan energi secara bertahap, kebijakan penggunaan gas domestik untuk menggerakan sektor riil terutama industri dan pembangkit listrik.

"Arahan terakhir terkait peningkatan investasi yang didukung oleh iklim dan peraturan yang kondusif," imbuhnya.

Penghematan energi secara bertahap, kata Armida, akan menjadi perhatian utama. Dia menjelaskan, Inpres tentang penghematana energi secara bertahap bakal akan dimulai instansi pemerintah, BUMN. Juga menjadi imbauan kepada swasta dan masyarakat umum lainnya.

Dicontohkan, upaya penghematan bisa dimulai dengan penggunaan AC dan lampu. "Kita harus bisa mulai dengan hal yang mudah dilakukan secara sangat sederhana," tukasnya.

Selain itu, pemerintah akan mempercepat pembangunan infrastruktur untuk konversi dari BBM ke BBG. Untak sasaran program ini dimulai dengan angkutan umum dan industri yang sebelumnya menggunakan BBM ke BBG. Upaya seperti itu, sambungnya, harus segera dilaksanakan guna menyelamatkan pasokan bahan baku minyak Indonesia.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5280 seconds (0.1#10.140)