Mentan optimis industri hilir efektif tahun ini

Senin, 09 April 2012 - 22:20 WIB
Mentan optimis industri hilir efektif tahun ini
Mentan optimis industri hilir efektif tahun ini
A A A


Sindonews.com - Menteri Pertanian Siswono menyatakan, percepatan pengembangan industri hilir akan efektif di tahun ini. Hal ini menyusul kesepakatan yang sudah terjalin antara Indonesia dengan China beberapa waktu lalu, khususnya di sektor pertanian.

"Efektif tahun ini (2012), kita akan ada percepatan menindaklanjuti kunjungan Presiden. Pokoknya akan dioptimalkan setelah ada payung MoU yang baru, akan ada joint committee yang baru, kayak working group-nya lah, setelah payung MoU-nya tersebut," ujarnya saat ditemui di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (9/4/2012).

Salah satu sektor yang akan dikembangkan adalah industri hilir sawit dan karet. "Pengembangan untuk investasi di industri hilir, khususnya sawit dan karet. juga di pengolahan di hasil-hasil pertanian dan juga peternakan," jelasnya.

Khusus untuk sawit, Siswono mengakui Indonesia masih surplus sebesar USD4 miliar pada tahun 2011. Sedangkan impor dari China hanya sebesar USD2 miliar. "Mudah-mudahan kita berharap China impor tidak dalam bentuk CPO, mudah-mudahan dalam bentuk finished product. Memang dari sisi pertanian, kita dengan China masih banyak yang surplus, 4 miliar dolar," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hari ini telah dilakukan pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang sekaligus telah ditandatangani perjanjian peningkatan kerja sama ekonomi yang diharapkan dapat mendorong volume perdagangan kedua negara hingga mencapai USD80 miliar pada 2015.

Tujuan pertemuan ini adalah menindaklanjuti hasil-hasil pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden RRT saat kunjungan kenegaraan RI Maret 2012.

Salah satu hasil dari pertemuan bilateral ini antara lain, adanya kesepakatan untuk meningkatkan hubungan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan berdasarkan mutual respect, mutual benefit and equal treatment. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5331 seconds (0.1#10.140)