Kunjungi RI, PM Inggris boyong 30 delegasi ekonomi

Selasa, 10 April 2012 - 13:21 WIB
Kunjungi RI, PM Inggris boyong 30 delegasi ekonomi
Kunjungi RI, PM Inggris boyong 30 delegasi ekonomi
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron yang dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jakarta, pada 11 hingga 12 April mendatang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Agenda utama pertemuan bilateral ini adalah untuk memperkokoh kerja sama bilateral kedua negara di berbagai bidang, utamanya bidang perdagangan, investasi, dan pendidikan. Fokusnya memang di ekonomi,” tutur Juru Bicara Kepresidenan bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah saat dihubungi, Selasa, (10/4/2012).

Dia juga menerangkan jika PM Cameron akan membawa 30 delegasi ekonomi dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia ini, dan akan difokuskan untuk membahas peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, terutama di perdagangan dan investasi.

Sebagai informasi, investasi Inggris di Indonesia terbilang besar. Pada 2010, Inggris (termasuk British Virgin Islands) menjadi investor terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah investasi mencapai USD1,892 miliar. Namun, pada 2011, posisi Inggris justru keluar dari lima besar investor di Indonesia.

Di Jakarta, PM Cameron dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan pertemuan bilateral diikuti dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman (MoU) G to G (government to government), di sejumlah bidang.

Bersama kunjungan Cameron ke Jakarta, pengusaha Inggris dan Indonesia juga akan menandatangani sejumlah MoU B to B (business to business). Di antaranya adalah kerja sama PT Garuda Indonesia dan Rolls-Royce Group Inc. Kerja sama B to B ini akan ditandatangani saat PM Cameron menggelar business forum antara pengusaha Inggris dan Indonesia.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden SBY, PM Cameron juga dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di Universitas Al-Azhar. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9499 seconds (0.1#10.140)