Bank Danamon bidik kredit komoditas

Rabu, 11 April 2012 - 09:59 WIB
Bank Danamon bidik kredit komoditas
Bank Danamon bidik kredit komoditas
A A A
Sindonews.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mengembangkan produk trade commodity finance atau pembiayaan perdagangan komoditas.

Direktur Danamon Pradip Chhadva mengatakan, sebagai langkah untuk mengembangkan produk ini perseroan menggandeng PT Sucofindo dan PT Bhanda Ghara Reksa sebagai collateral manager atau pengelola agunan dalam produk terbaru Danamon.

Menurut dia, trade commodity financeatau pembiayaan perdagangan komoditas seperti minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO), batu bara, karet, kopi, menawarkan kemudahan bagi para pelaku industri komoditas. Pasalnya, pengusaha dapat memperoleh fasilitas kredit hanya dengan menggunakan inventaris komoditas mereka sebagai agunan, tanpa perlu menjadikan aset mereka sebagai agunan.

Pradip berpendapat, tidak banyak bank di Indonesia yang ahli dalam pembiayaan perdagangan komoditas. Ini dikarenakan tingkat kesulitan dalam melakukan monitoring dan adanya volatilitas (ketidakstabilan) dalam harga komoditas.

“Oleh karena itulah Danamon menghadirkan produk trade commodity finance dengan menggandeng Sucofindo dan Bhanda Ghara Reksa yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam pengelolaan agunan,” ujarnya dalam keterangan persnya, kemarin. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6454 seconds (0.1#10.140)