PLN awasi kinerja kontraktor China

Rabu, 11 April 2012 - 10:07 WIB
PLN awasi kinerja kontraktor China
PLN awasi kinerja kontraktor China
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan akan mengawasi langsung bahan-bahan untuk pembangkit listrik yang dibangun oleh kontraktor asal China. Hal itu dilakukan karena kontraktor China bermasalah dalam pengerjaan proyek program pembangkit 10.000 megawatt (MW).

“Sekarang diawasi secara struktural, sehingga jelas masing- masing job desk,” kata Direktur Konstruksi PLN Nasri Sebayang di Kantor Pusat PLN, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, PLN akan beralih konsep dari mementingkan kecepatan pembangunan, ke pembangunan yang berkualitas. PLN turun tangan langsung mengecek kualitas sejak mesin pembangkit listrik dibuat di China di mana BUMN kelistrikan itu akan mengirim konsultan untuk mengawasi langsung pembuatan mesin di China dan pengawasan tesnya di pabrik.

Di sisi lain, jelas dia, PLN juga akan aktif menyelesaikan masalah sengketa tanah yang menghambat pembangunan pembangkit di sejumlah daerah. PLN berinisiatif mendekati gubernur dan bupati setempat untuk memudahkan penyelesaian pembebasan lahan.

“Banyak pemda yang tak mau bantu soal tanah, mestinya pemda membantu karena jika pembangkit jadi, bisa meningkatkan ekonomi di sana,” ujar Nasri.

Sebelumnya pemintaan pengawasan dan evaluasi atas proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 10.000 MW tahap I dikemukakan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo.

Menurut dia, proyek itu belum berjalan lancar karena ada permasalahan pada kinerja kontraktor-kontraktor dari China. “Isi kontrak yang mengatur kewajiban dan hak kontraktor serta pemberi kontrak juga tidak detail. Kalau kontraknya detail dan ada yang tidak dilaksanakan, ada sanksi. Harusnya seperti itu,” tegasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5654 seconds (0.1#10.140)