Rumah wartawan akan dilengkapi solar cell

Rabu, 11 April 2012 - 19:31 WIB
Rumah wartawan akan dilengkapi solar cell
Rumah wartawan akan dilengkapi solar cell
A A A


Sindonews.com - Dalam penyediaan rumah khusus wartawan, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), rencananya akan bekerjasama dengan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dalam penyediaan solar cell sebagai upaya penghematan listrik.

“Tiap rumah akan dipasang solar cell sebanyak 6 titik atau 60 watt untuk 2 ruang tidur, ruang keluarga, teras depan, kamar mandi dan dapur. Jadi, listrik PLN itu bisa digunakan hanya pas musim hujan saja. Kalau hujannya selama tiga hari berturut-turut, sudah pasti harus menggunakan listrik PLN. Kalau hujannya cuma sehari saja, penerangan masih cukup dari solar cell,” ungkap Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) H. Djan Faridz, di kantor Kemenpera, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2012).

Ditanya soal kemungkinan kenaikan harga lantaran naiknya harga-harga komponen rumah, Djan mengatakan bahwa kemungkinan memang naik. “Kan bangunannya bertambah jadi type 45 dari sebelumnya type 36. Naik sedikit tidak masalah kan. Lagi pula, kenaikan itu juga termasuk penambahan pemasangan solar cell,” tandas Djan.

Selain Citayam, Djan punya alternatif daerah lain untuk pembangunan rumah wartawan. “Alternatifnya di dekat airport Cengkareng. Di sana ada tanah 100 hektar. Cuma harga tanahnya lebih mahal daripada Citayam. Transportasi lebih sulit lagi daripada di Citayam,” tutup Djan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3554 seconds (0.1#10.140)