Pascagempa, penumpang bis ke Sumatera turun drastis

Kamis, 12 April 2012 - 14:02 WIB
Pascagempa, penumpang bis ke Sumatera turun drastis
Pascagempa, penumpang bis ke Sumatera turun drastis
A A A
Sindonews.com - Gempa bumi berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) yang melanda Aceh pada Rabu, sore kemarin mulai berpengaruh bagi penumpang bis dan pengiriman paket ke Sumatera yang turun drastis hingga lebih dari 50 persen.

"Jika biasanya jumlah penumpang bis yang berangkat dari Surabaya menuju sejumlah daerah di Sumatera, seperti Medan dan Banda Aceh sekitar 15 hingga 25 orang setiap harinya. Namun sejak adanya gempa Sumatera Rabu sore, jumlah penumpang bis turun menjadi 5 hingga 7 orang," ucap salah seorang pengelola bis, Akub Zainal Lubis, Kamis (12/4/2012).

Sementara itu, akibat gempa juga berdampak pada jam perjalanan bis dari Surabaya menuju Sumatera. Hampir seluruh armada bis dari sejumlah perusahaan otobis yang melayani jalur dari Jawa Timur ke Sumatera terlambat sampai ke tujuan karena pengemudi bis tidak mau menjalankan bis dengan kecepatan tinggi, khususnya di daerah yang rawan gempa.

"Prediksi saya dan sejumlah pengelola bis yang melayani jalur Surabaya-Medan-Banda Aceh memprediksi, penurunan jumlah penumpang dan pengiriman paket barang menuju wilayah Sumatera ini akan terjadi selama seminggu sejak gempa terjadi," tambahnya.

Kondisi serupa juga terjadi pada pengiriman paket barang menuju wilayah Sumatera, yang turun drastis dibanding hari biasa. Meski terjadi penurunan jumlah penumpang dan paket pengiriman barang, namun jadwal perjalanan angkutan umum darat dari Surabaya menuju Sumatera pascagempa Sumatera sejak Kamis pagi hingga saat ini masih berjalan normal.

"Sejumlah perusahaan bis tetap memberangkatkan armada bisnya setiap hari sesuai jadwal pemberangkatan yang ada," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3889 seconds (0.1#10.140)