Harga cabai tembus Rp35 ribu

Kamis, 12 April 2012 - 14:09 WIB
Harga cabai tembus Rp35 ribu
Harga cabai tembus Rp35 ribu
A A A


Sindonews.com - Meskipun Sembilan Bahan Pokok (Sembako) tidak mengalami kenaikan harga, namun sejumlah kebutuhan rempah-rempah di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami lonjakan harga.

Untuk cabe merah besar mengalami lonjakan harga hingga Rp10 ribu, dari harga sebelumnya Rp25 ribu/Kg menjadi Rp35 ribu/Kg. Sementara untuk cabe keriting dari harga sebelumnya Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu/Kg.

“Memang harga cabai sekarang agak mahal, karena yang kami terima juga kurang. Kalau cabai ini kami ambil dari Makassar,” ungkap salah seorang penjual di pasar sentral Bantaeng, Sari, Kamis (12/4/2012).

Dia mengatakan, hal tersebut biasa terjadi juga produksi berkurang, sementara permintaan naik. Namun demikian, para penjual rempah-rempat tersebut mengaku harga bisa segera stabil kembali.

Sementara itu, penjual lainnya, Ahmad mengatakan untuk bawang putih impor juga mengalami lonjakan harga dari Rp10 ribu/Kg, menjadi Rp18 ribu/Kg, dan bawang merah dari harga Rp3 ribu/Kg menjadi Rp7 ribu ribu/Kg. “Kalau bawang merah dan putih diimpor dari Taiwan, saya juga tidak tahu kenapa harganya naik,” ungkap Ahmad.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Bantaeng Abdul Gani menyebutkan bahwa, pihaknya selalu melakukan pemantauan harga di pasar sekali seminggu. Gani juga membenarkan terjadi kenaikan harga cabai, lantaran produksinya yang mulai berkurang. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)