KKP kucurkan Rp6,12 M bagi pengolahan ikan

Sabtu, 14 April 2012 - 16:08 WIB
KKP kucurkan Rp6,12 M bagi pengolahan ikan
KKP kucurkan Rp6,12 M bagi pengolahan ikan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan sebesar Rp6,12 miliar ke Kabupaten Gresik di Jawa Timur, untuk meningkatkan pengolahan ikan. Bantuan yang akan diberikan ini meliputi, sarana pemasaran bergerak roda tiga berinsulasi, paket Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP) bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

"Ada juga Paket Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP) bidang perikanan tangkap, bantuan Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP) bidang perikanan budidaya, kartu nelayan untuk 9900 Nelayan di Kabupaten Gresik, serta paket pengembangan usaha garam rakyat (PUGAR)," ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sharif C. Sutardjo dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/4/2012).

KKP juga memberikan bantuan pada bidang pendidikan dan penyuluhan, berupa beasiswa pendidikan bagi anak pelaku utama, bantuan pelatihan bagi pelaku utama, dan penyelenggaraan penyuluhan. Tak hanya itu di bidang teknologi, KKP juga memberikan pendampingan penerapan IPTEK Pengembangan Model Kawasan Industri Garam Rakyat, Introduksi dan Pendampingan Model Penerapan Teknologi Budidaya Ikan Bandeng, Sertifikat Critical Control Point (CCP) bagi Unit Pengolahan Tepung Ikan.

"Selama ini tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan semakin tidak mudah. Dimana, persaingan di pasar global dituntut semakin kompetitif yang juga dihadapkan pada tantangan lain, seperti kondisi alam akibat perubahan iklim serta kemungkinan adanya kenaikan harga BBM akibat melonjaknya harga BBM di pasar internasional," lanjutnya.

Ia juga menambahkan berbagai tantangan tersebut, seharusnya bukan untuk membuat surut melangkah, tetapi justru menjadi cambuk untuk semakin bahu-membahu dan bekerja lebih efisien.

Di tahun 2011 lalu, produk olahan perikanan Indonesia tercatat sebanyak 4,58 juta ton. Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2010 sebesar 4,2 juta ton. Pada tahun 2012 ini, KKP menargetkan peningkatan produksi produk olahan perikanan sebesar 4,8 juta. Oleh karenanya, pembangunan sektor kelautan dan perikanan diarahkan ke industrialisasi agar dapat mencegah ketergantungan kebutuhan konsumsi Indonesia pada negara lain.

Sebagai informasi bantuan tersebut diserahkan secara simbolik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sharif C. Sutardjo kepada Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, yang juga dihadiri kelompok pengolah dan pemasah hasil perikanan (Tani Bina Sejahtera dan Mina Sejahtera). (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6567 seconds (0.1#10.140)