Tingkatkan ekspor, RI bidik pasar Afrika

Sabtu, 14 April 2012 - 17:51 WIB
Tingkatkan ekspor, RI bidik pasar Afrika
Tingkatkan ekspor, RI bidik pasar Afrika
A A A
Sindonews.com - Mencegah penurunan ekspor Indonesia, pemerintah tampaknya yakin untuk melakukan diversifikasi pasar ekspor. Salah satu pangsa pasar yang menjadi bidikan Indonesia adalah Afrika yang termasuk dalam anggota The South African Development Community (SADC).

"Indonesia akan lebih fokus meningkatkan daya saing melalui nilai tambah produk manufaktur dan teknologi, serta mempertimbangkan perdagangan berkelanjutan. Belakangan pemilihan negara tujuan difokuskan pada negara Afrika yang menjadi anggota The South African Development Community (SADC)," ungkap Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dalam keterangan tertulis di Durban dan dikutip di Jakarta, Sabtu (14/4/2012)

Perdagangan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan, menurut Bayu, masih perlu ditingkatkan meskipun dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren kenaikan di sektor non migas.

"Total perdagangan Indonesia- Afsel tahun 2011 sebesar USD2,1 miliar atau naik 23,95 persen dari tahun 2010 sebesar USD1,1 miliar. Namun angka ini tidak lantas membuat kita terlena karena kita harus memperkuat dan memperluas hubungan perdagangan kita," jelas dia.

Di sesi one on one bisnis yang terjadi, PT Pertamina (persero) memperoleh respon yang positif untuk mensupply lubricant ke kawasan Afrika Selatan dan saat itu juga Pertamina langsung melakukan survey harga dan jaringan distribusi.

"PT Tanamas Furniture Industry memperoleh order produk kayu olahan, PT Aneka Coffe Industry juga memperoleh permintaan produk kopi secara bulk untuk dikemas ulang dan permintaan jus herbal dari buah manggis," tanda Bayu. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6921 seconds (0.1#10.140)