Kebun teh di Cipularang akan diganti

Minggu, 15 April 2012 - 15:30 WIB
Kebun teh di Cipularang akan diganti
Kebun teh di Cipularang akan diganti
A A A


Sindonews.com - Perkebunan teh seluas 1.000 hektar yang berada di Cikalong Wetan, Purwakarta saat ini dinilai kurang produktif, bahkan rugi, akibat dilintasi jalan tol. Dibangunnya jalan tol membuat iklim di sekitar perkebunan tidak lagi cocok untuk teh.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan akan mengganti perkebunan teh yang dilintasi Tol Cipularang, Jawa Barat tersebut untuk perkebunan lain jika tidak ditemukan jenis teh yang cocok dengan iklim seperti itu.

"Perkebunan teh yang dibelah Jalan Tol itu sudah tidak cocok karena iklimnya sudah berubah, tidak fresh lagi buat teh. Teh kan perlu udara yang sejuk," kata Dahlan usai UKM Gathering 2012 di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok, Bandung, Minggu (15/4/2012).

Saat ini, pihaknya sudah minta balai pembibitan untuk menemukan bibit teh yang cocok di daerah yang iklimnya berubah akibat jalan tol itu. "Kita pikirkan dua cara, bibit tehnya diganti dengan varietas lain atau untuk usaha lain," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perkebunan teh dikelola BUMN yakni PTPN VIII. Adanya jalan tol membuat PTPN VIII terus merugi. "Kalau engga bisa, tepaksa harus diganti misalnya kebun karet, atau peruntukan jadi yang lain seperti wisata," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8645 seconds (0.1#10.140)