Dana PNPM Sukabumi Rp3 M terancam hangus

Selasa, 17 April 2012 - 09:34 WIB
Dana PNPM Sukabumi Rp3 M terancam hangus
Dana PNPM Sukabumi Rp3 M terancam hangus
A A A
Sindonews.com – Pengalokasian dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sebesar Rp3 miliar untuk Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, tersendat.

Kondisi itu akibat belum tuntasnya penanganan kasus dugaan korupsi dana PNPM oleh Kejaksaan Negeri Cibadak. Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Caringin Epi Gunawan mengungkapkan, dana PNPM 2011 untuk Kecamatan Caringin tidak dapat dicairkan, bahkan pengalokasiannya terancam hangus.

“Kami dan pemerintah daerah sudah berupaya agar dana itu bisa dicairkan. Seluruh persyaratan administratif untuk keperluan pencairan sudah dipenuhi. Namun, dana itu masih belum terserap karena terganjal permasalahan hukum yang belum tuntas ditangani kejaksaan,” ungkap Epi, kemarin.

Seperti diketahui, pada 2011 Bank Dunia menghentikan kucuran dana PNPM untuk Kecamatan Caringin dan lima kecamatan lainnya di Kabupaten Sukabumi. Hal itu menyusul adanya indikasi penyalahgunaan dana tersebut sepanjang 2007-2010. Atas temuan tersebut, Kejaksaan Negeri Cibadak mengusut dugaan korupsi dana PNPM di Kecamatan Caringin. Namun, penanganannya berjalan lambat dan terkesan jalan di tempat karena hingga kini Kejari belum menetapkan tersangka.

Sementara itu, fasilitator PNPM MP Kecamatan Caringin Jujun Junaedi mengatakan, upaya pencabutan penangguhan pencairan oleh Bank Dunia sudah dilakukan. Salah satunya pergantian pengurus unit pengelola kegiatan (UPK). Seluruh langkah tersebut telah direspons oleh Bank Dunia dengan melakukan peninjauan langsung ke Kecamatan Caringin, belum lama ini. Namun, pencairan dana tersebut hingga kini masih belum terealisasi.

“Penangguhan pencairan merupakan sanksi yang dijatuhi kepada Kecamatan Caringin karena adanya indikasi penyalahgunaan dana. Tapi,kami sudah berusaha mengajukan pencabutan sanksi tersebut dan belum lama ini mendapat respons dari bank dunia maupun pemerintah pusat,” kata Jujun.

Sebelumnya, anggota tim penyelidikan kasus korupsi PNPM Kejaksaan Negeri Cibadak Ni Made Wardani menjelaskan, proses pengungkapan dugaan korupsi dana PNPM di Kecamatan Caringin masih dalam tahap penyelidikan berupa pengumpulan data dan keterangan para saksi. “Penyelidikannya masih berjalan dan masih pada tahap pemeriksaan saksi,”ungkap Ni Made Wardani kepada wartawan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4617 seconds (0.1#10.140)