Kemendag waspadai kenaikan harga beras

Jum'at, 20 April 2012 - 13:56 WIB
Kemendag waspadai kenaikan harga beras
Kemendag waspadai kenaikan harga beras
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkapkan perlu adanya antisipasi kenaikan harga beras akibat dari ketidakpastian kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dan rencana pembatasan BBM. Hal tersebut memicu espektasi pasar yang luar biasa. Hal ini terlihat dari kenaikan harga sembako di berbagai daerah di Indonesia.

"Salah satu yang dikhawatirkan melambung naik adalah harga beras, hal ini yang perlu kita waspadai. Yang kita jaga ini adalah beras, beras itu akan dijaga terus hingga harga tidak melambung tinggi," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (20/4/2012).

Dia menambahkan sedikit pengandaian, jika pengendalian (pembatasan) BBM jadi dilakukan oleh pemerintah, Gunaryo memastikan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap harga sembako dibandingkan dengan jika kenaikan BBM terjadi. "Saya kira kalaupun ada pembatasan, tidak sekencang kenaikan BBM, karena yang mulai dibatasi ialah mobil pemerintah dulu," ucapnya.

Sebelumnya, untuk kenaikan harga BBM, Gunaryo mengaku sudah memprediksi kenaikan harga pangan yang terjadi akibat isu kenaikan BBM subsidi.

"Kita sudah memprediksikan harga BBM kemarin menjelang naik itu untuk beras pengaruhnya seperti apa. Kita hitung-hitung ternyata kenaikannya tidak terlalu besar karena ada kompensasi juga," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6850 seconds (0.1#10.140)