250 ribu converter kit akan digratiskan

Senin, 23 April 2012 - 17:47 WIB
250 ribu converter kit akan digratiskan
250 ribu converter kit akan digratiskan
A A A


Sindonews.com - Pemerintah akan optimalkan pemasangan converter kit untuk angkutan umum di kawasan Jawa-Bali. Targetnya 250 ribu unit akan diberikan alat bantu Bahan Bakar Gas (BBG) tersebut, dari 500 ribu angkutan umum yang ada.

"Converternya gak siap. Kita hanya usulkan sekitar 250 ribu. Karena untuk Jawa Bali semuanya itu ada 500 ribuan angkutan umum. Paling gak setengahnya itu ada di Jawa Bali," ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan, saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (23/4/2012).

Dia menambahkan, sisa dari angkutan tersebut akan diselesaikan di tahun mendatang. "Tahun berikutnya langsung 250 ribu lagi karena mereka harus menyiapkan infrastruktur (SPBG), jadi harus berbarengan itu," ungkapnya.

Mangindaan melanjutkan, pihaknya memastikan bahwa converter kit disediakan penuh oleh pemerintah. Sehingga para pemiliki angkutan umum mendapatkan secara gratis. Untuk prioritas, pemerintah akan lebih mengarahkan kepada transportasi masal. "Bus-bus, angkutan pedesaan dan angkutan masal. Antar kota dan provinsi. Kita berusaha untuk semuanya," tambahnya.

Pemasangan converter kit, menurutnya merupakan salah satu langkah dalam rangka penghematan pemakaian BBM bersubsidi. Walaupun dia belum mengetahui, berapa total penghematan tersebut.

"Yang akan saya atur itu angkutan umum saja. Kita usahakan untuk menghemat dengan memakai gas. Converter kit akan kita usahakan untuk semuanya semoga bisa cepat," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6855 seconds (0.1#10.140)