3 SPBU di Solo akan ditutup

Rabu, 25 April 2012 - 10:40 WIB
3 SPBU di Solo akan ditutup
3 SPBU di Solo akan ditutup
A A A
Sindonews.com – Operasional tiga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Solo akan dihentikan tahun ini. Oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selaku pemilik lahan, lokasi tiga SPBU tersebut berada dalam program penataan ruang perkotaan.

Pemkot menghentikan operasional SPBU dengan tidak memberi izin perpanjangan sewa lahan setelah kontrak berakhir tahun ini. Tiga lokasi tersebut adalah SPBU Loji Wetan di Jalan Kusmanto,SPBU Balekambang di Jalan Ahmad Yani, dan SPBU Jongke Jalan Dr Rajiman (barat Pasar Jongke).

”Surat pemberitahuan sudah dikirim ke pengelola SPBU yang berisi Pemkot mengambil haknya dengan cara tidak memperpanjang lagi izin sewa di SPBU itu. Rencananya, lahan tersebut dimanfaatkan sebagai ruang terbuka publik. Kita sudah mendesain peruntukannya,” papar Wali Kota Solo Joko Widodo kemarin.

Pemanfaatan bekas lahan SPBU Loji Wetan terintegrasi penataan koridor di kawasan tersebut. Adapun bekas lahan SPBU Balekambang untuk memenuhi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Di Solo, capaian RTH hingga sekarang baru 18 persen dari syarat pemenuhan 30 persen total luas wilayahnya.Jokowi, demikian pria ini akrab disapa, meminta jajarannya segera menyelesaikan masalah SPBU. Sebab, penataan ruang kota perlu penyesuaian fungsi lahan di lokasi SPBU tersebut.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset (DPKKA) Budi Yulistianto mengatakan, sejauh ini belum muncul kendala komunikasi dengan pengelola SPBU Loji Wetan dan SPBU Balekambang terkait berakhirnya kontrak sewa.

Akan tetapi, hal ini berbeda pada SPBU Jongke.Lahan Hak Pakai (HP) Pemkot di sisi barat Pasar Jongke tersebut masih berstatus hak guna bangunan (HGB) swasta yang berakhir 2015. ”Untuk dua SPBU (Loji Wetan dan Balekambang) menempati HP Pemkot dengan sistem sewa.

Sedangkan SPBU Pajang masih dalam tahap pembicaraan Dinas Pengelola Pasar (DPP),”kata Budi. Kepala DPP Subagiyo mengatakan negosiasi masih berlangsung antara Pemkot Solo dengan pengelola SPBU Jongke. ”Permintaan kompensasi dari mereka sudah kami terima,” tandasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3006 seconds (0.1#10.140)