Pinrang fokus di sektor pertanian

Sabtu, 28 April 2012 - 11:19 WIB
Pinrang fokus di sektor pertanian
Pinrang fokus di sektor pertanian
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang memfokuskan pembangunan daerah tersebut di sektor pertanian, mengingat sebagaian besar masyarakat di daerah tersebut menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian.

Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi mengatakan, dengan produksi rata-rata 7,2 ton per hektar, petani Pinrang harus lebih berinovasi untuk lebih meningkatkan hasil pertanian yang telah dicapai.

”Luas area persawahan di Pinrang mencapai 47.000 ha. Tentu penggarapannya harus dilakukan secara baik dan disertai inovasi yang baik pula. Kerja keras para penyuluh dan membangun kemitraan dengan pihak lain,” paparnya usai mengikuti pesta panen dan rice phase expo di Desa Leppangan Kecamatan Patampanua, kemarin.

Mantan Camat Watang Sawitto ini menambahkan, kemitraan dengan PT Sygentra dengan petani di Leppangan seharusnya lebih dikembangkan pada kelompok tani lain di daerah itu, mengingat hasil yang dicapai terus mengalami peningkatan. ”Petani diharapkan lebih meningkatkan produksi hasil pertaniannya, disamping terus menjalin kemitraan dengan pihak-pihak lain,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Sessang M Rais mengatakan, hasil yang dicapai petani Pinrang sejak menjalin kemitraan dengan Sygenta, mampu mencapai 10 ton per hektar dengan kualitas hasil pertanian yang jauh lebih baik. Kelompok Tani Sessang saat ini mengelola areal 87 hektar dengan jumlah anggota 108 orang petani.

”Kemitraan tidak hanya sebatas peningkatan kesejahteraan petani, tapi juga mengarahkan para petani dalam menggarap sawah secara maksimal dari hasil pertanian sebelumnya yang hanya mencapai 7-8 ton per hektar,” tuturnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4709 seconds (0.1#10.140)