KA Bandung-Sukabumi segera beroperasi

Minggu, 29 April 2012 - 18:00 WIB
KA Bandung-Sukabumi...
KA Bandung-Sukabumi segera beroperasi
A A A


Sindonews.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam waktu dekat akan segera mengoperasikan kembali rute kereta api (KA) Bandun-Sukabumi menyusul telah selesainya proses perbaikan instrafstruktur rel KA.

Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung, Bambang S Prayitno menjelaskan, rute Bandung-Sukabumi akan segera dioperasikan menyusul telah selesainya proses perbaikan insfrastruktur rel KA yang menghubungkan Bandung-Cianjur-Sukabumi. Menurut dia, kendati perbaikan telah selesain, namun belum diserahterimakan oleh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Perhubungan RI.

"Begitu infrastruktur itu diserahkanterimakan, KA rute Bandung-Sukabumi akan segera kami operasikan," jelas Bambang S Prayitno di Bandung akhir pekan lalu.

Menurut dia, KA Bandung-Sukabumi dihentikan pengoperasiannya sekitar tahun 1980-an, karena berbagai alasan. Sejak saat itu, PT KAI hanya mengoperasikan KA dari Bandung hingga Cianjur.

Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah melakukan perbaikan insfrastruktur di jalur tersebut. Perbaikan tersebut meliputi perbaikan rel KA, persinyalan, dan Terowongan Lampegan yang sempat runtuh akibat gempa di tahun 2001 lalu.

Menurut Bambang, perbaikan jalur Bandung-Sukabumi perlu dilakukan mengingat kondisi geografis di jalur tersebut rentan terjadi pergeseran tanah. Apalagi, di Cianjur, terdapat tanjakan dengan tingkat kemiringan hingga 45 persen yang tergolong ekstrem. Tanjakan itu tidak dapat dilewati lebih dari 2 rangkaian KA.

"Jalur yang ada rawan terhadap pergerakan tanah atau longsor. Akibatnya, jalur tersebut tidak bisa dilewati oleh dua rangkaian KA,” jelas dia.

Namun setelah perbaikan tersebut, diharapkan jalur tersebut lebih aman dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang kebutuhan transportasi masyarakat di Jabar.

Diakui dia, rute Bandung-Sukabumi dinilai cukup potensial. Terlebih lagi, jumlah angkutan darat yang melayani jalur ini masih sedikit. Sebagai contoh, okupansi KA Ekonomi Cianjuran Bandung-Cianjur cukup bagus. Okupansi rata-rata 89 %. Untuk saat ini jalur Bandung-Cianjur belum dapat dioptimalkan karena PT KAI hanya mengoperasikan 1 KA saja setiap harinya. “Banyak masyarakat yang meminta agar jalur Bandung-Sukabumi melalui Cianjur diaktifkan lagi,” timpal dia.

Hal itu juga yang menyebabkan, pihaknya optimistis, jalur tersebut akan diminati masyarakat. Terlebih, rute tersebut terkoneksi langsung dengan jalur KA ke Bogor. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, jalur Bandung-Sukabumi-Bogor akan dilayani menggunakan satu KA.

Dia berharap, segera dioperasikannya lagi KA Bandung-Sukabumi, diharapkan akan menggenjot ekonomi masyrakat di kedua kawasan. Termasuk, koneksitas Bandung ke Sukabumi serta Cianjur, akan mempermudah wisatawan melakukan perjalanan wisata. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0546 seconds (0.1#10.140)