Kambing Etawa di Sleman hasilkan susu 1.000 liter/hari

Senin, 30 April 2012 - 11:12 WIB
Kambing Etawa di Sleman hasilkan susu 1.000 liter/hari
Kambing Etawa di Sleman hasilkan susu 1.000 liter/hari
A A A
Sindonews.com - Apakah Anda ingin menjadi jutawan? Jika demikian,cobalah beternak kambing jenis peranakan etawa (PE). Selain punya nilai ekonomi tinggi, mengoptimalkan potensi susu yang dihasilkan juga dapat menjadikan peternakan ini sebagai investasi menjanjikan di Sleman.

Bahkan, Bupati Sleman Sri Purnomo mengamini potensi tersebut. Ternak kambing etawa memiliki prospek bagus mengingat saat ini sudah banyak yang mengetahui manfaat susu kambing. Dengan modal tidak terlalu tinggi, ternak kambing etawa dapat dijadikan investasi untuk pengembangan ekonomi masyarakat.“Ternak kambing etawa ini bisa dijadikan investasi andalan,” katanya ketika menyaksikan Kontes Kambing Etawa se-DIY di Lapangan Denggung, Sleman, kemarin.

Ketua Kelompok KUBE Adi Jaya Dusun Barak I, Margoluwih, Seyegan ini menambahkan, pengolahan susu kambing sekaligus dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.Di kelompok ternak di daerahnya untuk peternak pria bertugas mengembangkan usaha ternak, sedangkan ibu rumah tangga bertugas mengembangkan pengolahan susu.

“Sekarang itu di tempat kami seharinya ibu-ibu bisa memperoleh Rp30.000–40.000/hari dari mengolah susu,” ungkapnya. Dalam sehari di Sleman jumlah produksi susu kambing bisa mencapai 1.000 liter. Dengan jumlah itu, diakui belum bisa memenuhi permintaan di Sleman, terlebih dari luar daerah.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6738 seconds (0.1#10.140)