Wajo siapkan ternak ayam skala industri

Selasa, 01 Mei 2012 - 17:30 WIB
Wajo siapkan ternak ayam skala industri
Wajo siapkan ternak ayam skala industri
A A A
Sindonews.com - PT Malindo Feedmill tbk berencana akan melakukan investasi ternak ayam skala industri di kabupaten Wajo. Saat ini antara Pemkab wajo dan pihak perusahaan masih dalam proses negosiasi.

"Calon investor akan membuat pembibitan Day Old Chicken (DOC) ayam potong di Belawa dengan skala besar," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Wajo IB Putu Artana, Selasa (1/5/2012).

Rencananya Pembibitan DOC ini akan di pusatkan di Desa Ongkoe Kecamatan Belawa dengan luas lahan sekitar 20 hektare. Kecamatan belawa sendiri selama ini memang dikenal sebagai sentra peternakan ayam di Wajo.

"Kami tentu merespon positif rencana ini, tapi masih dalam proses awal, diharapkan nantinya dengan adanya pembibitan tersebut dapat mempermudah para peternak ayam di wajo," katanya.

Asisten I Bidang ekonomi Pembangunan Pemkab Wajo A. Sederhana, mengatakan Belawa merupakan kawasan peternakan, khusus lokasi yang dimaksud (Desa Ongkoe) sejak tahun 1991 sudah menjadi pengembangan ternak. "Kami berharap dengan adanya perusahaan tersebut nantinya maka peternak bisa mendapatkan bibit lebih murah, semacam harga pabrik lah," katanya.

Dia mengatakan, keberadaan perusahaan tersebut nantinya diharapkan dapat menguntungkan masyarakat peternak, kecuali kalau ada sistem monopoli oleh perusahaan. "Untuk mengantisipasi pola kemitraan harus berjalan dan pemerintah harus berada di tengah sebagai perantara antara perusahaan dengan masyarakat peternak," katanya.

Personal Asisten PT Malindo Feedmill tbk, Budi santoso, mengatakan pihaknya tinggal menunggu proses perizinan untuk selanjutnya membangun lokasi tersebut secepatnya. "Saya kira keberadaan perusahaan nantinya tentu akan menguntungkan peternak dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat," katanya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2189 seconds (0.1#10.140)