Astra Agro raih pinjaman USD50 Juta

Jum'at, 04 Mei 2012 - 09:39 WIB
Astra Agro raih pinjaman USD50 Juta
Astra Agro raih pinjaman USD50 Juta
A A A
Sindonews.com - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) memperoleh fasilitas pinjaman sebesar USD50 juta dari tiga bank asing. Fasilitas pinjaman tersebut dialokasikan untuk dana siaga, modal kerja, dan investasi.

Direktur Keuangan AALI Santosa mengatakan, ketiga bank yang memberikan fasilitas tersebut adalah Bank of Tokyo-Mitsubishi UFK Ltd (BTMU), OCBC Bank dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC).

“Kita baru closing pinjaman USD50 juta,” kata dia di Jakarta kemarin. Dia merinci, pinjaman berasal dari BTMU senilai USD15 juta, OCBC Bank sebesar USD25 juta, dan sisanya senilai USD10 juta dari SMCB.

Fasilitas pinjaman tersebut dalam bentuk mata uang dolar Amerika Serikat. Adapun, tenor dari fasilitas pinjaman tersebut ratarata tiga tahun. Santosa mengatakan, pinjaman akan digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. “Mungkin tahun ini akan ada yang dicairkan tapi disesuaikan dengan kebutuhan,”paparnya.

Sementara, perseroan pada tahun ini sedang mencari lahan tanaman sawit di Kalimantan dan Sulawesi. Mengenai luas lahan yang diincar dan dana yang disiapkan, dia masih belum mau mengungkapkan. Sementara, realisasi belanja modal perseroan kuartal I tahun ini telah mencapai Rp540 miliar.

Belanja modal perseroan tahun ini dialokasikan sebesar USD200 juta. Dana belanja modal digunakan untuk tanaman, pengembangan perusahaan, penanaman baru, pembangunan pabrik baru dan sarana maupun prasarana pendukung.

Pada kuartal I tahun ini perseroan mencatat penurunan laba bersih sebesar 42,75 persen menjadi Rp390,5 miliar dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp62,23 miliar. Menurunnya laba bersih perusahaan seiring menurunnya pendapatan dan naiknya beban pokok pada periode yang sama.

Pendapatan perseroan pada kuartal I/2012 menurun 6,5 persen menjadi Rp2,58 triliun dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp2,76 triliun.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8222 seconds (0.1#10.140)