Pelindo IV perluas pelabuhan Soetta

Jum'at, 04 Mei 2012 - 11:01 WIB
Pelindo IV perluas pelabuhan Soetta
Pelindo IV perluas pelabuhan Soetta
A A A


Sindonews.com - Pemkot Makassar menyetujui rencana PT Pelindo IV Makassar yang akan memperluas kapasitas areal dermaga petikemas dan non peti kemas sepanjang 150 meter di Pelabuhan Soekarno-Hatta (Soetta) Makassar.

Surat rekomendasi yang selama ini menjadi penghambat Pelindo menjalankan rencana tersebut akhirnya dikeluarkan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Kamis 3 Mei 2012. “Suratnya diminta langsung Dirut Pelindo IV,dan saya sudah serahkan. Semua sudah siap, sisa dikerjakan,” ujar Ilham ketika ditemui sesaat setelah membuka Rapat Anggota Cabang (RAC) Indonesian National Shipowners Association (INSA) di Grand Clarion Hotel, Kamis 3 Mei 2012.

Alasan Ilham memberikan rekomendasi tersebut, dikarenakan pelaku usaha di daerah ini telah berulangkali mendesak agar segera dilakukan perluasan di dermaga Pelabuhan Makassar. Mengingat kapasitas yang ada selama ini tidak sebanding dengan aktifitas bongkar muat.

“Dalam sehari, harus ada dua atau tiga kapal yang mengantre masuk ke dermaga untuk bongkar muat.Ini selalu menjadi keluhan para pelaku usaha. Saya melihat masalah ini harus dipecahkan secepat mungkin jika ingin melihat kota ini terus berkembang dalam hal perputaran ekonomi,” ujarnya.

Dari panjang dermaga sebelumnya 1.360 meter, Pelindo IV menyiapkan anggaran sebesar Rp150 miliar untuk perluasan sekitar 150 meter, hingga mencapai kedalaman 10-15 meter. Dengan penambahan itu, kapasitas kapal yang bisa bersandar akan bertambah dua kapal dari yang mengantre dalam sehari.

Direktur Utama PT Pelindo IV Harry Sutanto mengatakan, arus bongkar muat barang dulunya dari 450 ton - 1.000 ton di 2011, namun sekarang sudah mencapai 1.500 ton-2.000 ton yang dalam satu jam bisa membongkar hingga 225 ton. “Kini kita sudah bisa 5.000 ton per hari dengan target maksimal 8.000 ton hingga akhir 2012,” kata dia.

Dengan dilakukannya perluasan dermaga, prosesi bongkar muat barang di dermaga peti kemas diharapkan akan jauh lebih besar lagi. Mengingat dengan pencapaian saat ini, masih saja terjadi antrean kapal setiap harinya. “Karena sudah dapat rekomendasi, kami akan mulai membangun tahun ini,” kata Harry.

Selain melakukan perluasan dermaga, Pelindo IV juga berencana melakukan penambahan alat bongkar muat berupa conveyor dan empat unit alat copper sebagai alat bantu bongkar muat. Alat tersebut ditenderkan pada April lalu.

Pelindo memang berencana melakukan pengembangan dan pembangunan pelabuhan baru rentang waktu 2011 hingga 2015. Total anggaran untuk rencana jangka pendeknya sekitar Rp15 triliun, di mana di Makassar juga akan dibangun Makassar New Port dan membutuhkan investasi hingga Rp8 triliun. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7345 seconds (0.1#10.140)