Dana infrastruktur Sulbar Rp1 triliun

Jum'at, 04 Mei 2012 - 11:52 WIB
Dana infrastruktur Sulbar Rp1 triliun
Dana infrastruktur Sulbar Rp1 triliun
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) tahun ini mendapatkan dana infrastruktur dari Pemerintah Pusat sebesar Rp1 triliun. Dana tersebut segera dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur yang belum dibangun dan dibutuhkan masyarakat.

”Luar biasa kebijakan Pemerintah Pusat yang ingin daerah ini berkembang. Respon pemerintah itu harus kita sambut dengan membangun infrastruktur yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah ini,” kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Kamis 3 Mei 2012.

Pemprov Sulbar mengakui hanya berhasil membangun infrastruktur jalan dan jembatan sekitar 30 persen selama lima tahun terakhir. ”Belum seluruhnya kebutuhan infrastruktur jalan dan jembatan berhasil dibangun pemerintah di Sulbar selama lima tahun terakhir,” katanya.

Namun meski pemerintah hanya berhasil membangun 30 persen dari kebutuhan infrastruktur yang diperlukan masyarakat, namun ekonomi Sulbar sudah mampu mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua di Indonesia setelah Provinsi Papua Barat sekitar 11,9 persendi 2011. ”Selama lima tahun terakhir kepemimpinan saya sebagai Gubernur Sulbar, periode 2006-2011, infrastruktur jalan yang telah dibangun belum memadai. Karena hanya memenuhi 30 persen kebutuhan masyarakat, dan belum sebanding dengan kebutuhan jalan yang diharapkan masyarakat,” kata Gubernur yang sudah periode kedua memimpin Provinsi Sulbar.

Ia mengatakan masih perlu kerja keras untuk membangun karena masih tiga kali lipat lagi jalan yang harus dibangun di Sulbar. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan memudahkan mereka melakukan mobilitas melaksanakan aktivitas ekonomi.

Meski jalan nasional sepanjang 577 kilometer mulai dari Kabupaten Polewali Mandar (Polman) hingga Kabupaten Mamuju Utara (Matra), namun jalan itu belum menyentuh kebutuhan masyarakat yang ada di pegunungan Sulbar. Oleh karena itu, pihaknya mengatakan masih butuh dibangun lagi jalan di wilayah pegunungan Sulbar. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5341 seconds (0.1#10.140)