Kementerian BUMN izinkan Pegadaian IPO tahun ini

Jum'at, 04 Mei 2012 - 14:21 WIB
Kementerian BUMN izinkan Pegadaian IPO tahun ini
Kementerian BUMN izinkan Pegadaian IPO tahun ini
A A A
Sindonews.com - PT Pegadaian (Persero) akhirnya mengantongi izin untuk melantai di bursa efek dari Kementerian BUMN. Dengan demikian, Pegadaian akan melepas sebagian kepemilikan sahamnya di bursa (IPO) pada tahun ini.

"Karena setelah kita pikirkan ada dana murah yang tersedia di pasar, banyak tahun ini," ujar Deputi Bidang Privatisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN Pandu Djajanto di kantornya, Jumat (4/5/2012).

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan merencanakan bahwa proses penawaran saham perdana Pegadaian tahun ini ditunda mengingat pentingnya BUMN ini bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun, Dahlan kemudian merevisi perkataannya dan kembali mengkaji kemungkinan IPO Pegadaian tahun ini.

Pasalnya, jika Pegadaian dapat memperoleh dana lebih murah dari pasar, maka diharapkan masyarakat akan mendapatkan bunga yang lebih rendah dari perusahaan pelat merah tersebut. "Sekarang masih pembahasan di komite privatisasi," lanjut Pandu.

Namun, Pandu masih enggan berbicara banyak terkait target pasti rencana IPO dan berapa saham yang akan dilepas ke pasar.

Sebagai informasi, selain PT Pegadaian, pemerintah tahun ini juga menargetkan beberapa BUMN untuk masuk ke bursa efek diantaranya Semen Baturaja, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (PT GMF Aerowisata), PT Pertagas dan PT Pertamina Drilling Service yang merupakan anak usaha Pertamina, dan PT PLN Enjiniring. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6931 seconds (0.1#10.140)